Home / MUKOMUKO / Aset MCK Rusak Berat

Aset MCK Rusak Berat

MUKOMUKO – Sebuah aset milik pemerintah berupa bangunan MCK di Pantai Indah Mukomuko (PIM) Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, kondisinya rusak berat. Hampir seluruh kayu serta atap bangunan yang terbuat dari asbes mengalami kerusak yang cukup parah. Dan jelas terlihat, belum mendapatkan pemeliharaan sama sekali dari pihak terkait.

Padahal MCK tersebut usai dibangun ditahun 2015, dengan menghabiskan ratusan juta rupiah. Gunanya dibangun, untuk membantu masyarakat mengatasi kekumuhan akibat minimnya jamban yang ada di lingkungan masyarakat PIM.

Menyikapi itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Apriansyah, ST, MT mengatakan, bahwa untuk kerusakan terhadap bangunan MCK itu bukan lagi menjadi tanggung jawab Pemkab Mukomuko. Pasalnya bangunan itu sudah dihibahkan ke masyarakat melalui kelurahan.

“Sebab setelah bangunan MCK selesai dikerjakan, langsung diserahkan kepada kelurahan untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Sehingga kalaupun bangunannya rusak, tidak ada salahnya jika masyarakat yang ada di PIM melakukan gotong royong memperbaikinya,” terang Apriansyah.

Lain halnya tambah Apriansyah, jika kelurahan mengajukan anggaran kepada pemerintah untuk renovasi bangunan. Tidak menutup kemungkinan akan diakomodir oleh Pemkab. Demikian sebaliknya, sepanjang tidak ada usulan yang diajukan, pihaknya tidak menjamin bangunan MCK itu bakal diperbaiki.

“Ajukan saja anggaran renovasinya jika MCK itu masih dibutuhan oleh masyarakat. Terlepas disetujui atau tidak, itu urusan nanti,” saran Apriansyah. (hue)

Baca Juga ...

Harga TBS Turun

MUKOMUKO –Petani sawit di Kabupaten Mukomuko mengeluh. Pasalnya, sejak sepekan terakhir ini harga tandan buah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *