Home / METROPOLIS / Jadwal Unas Paket Berubah

Jadwal Unas Paket Berubah

BENGKULU – Ini informasi penting bagi calon peserta ujian nasional paket C dan B tahun 2018 ini. Badan Standar NAsional Pendidikan sudah melakukan revisi atau perubahan jadwal ujian. Yakni untuk ujian paket C yang digelar pada Jumat-Minggu 27-29 April atau Jumat, Sabtu, Senin (27,28,30 April) dirubah menjadi Jumat,Sabtu, Minggu dan Senin (27-30 April atau Jumat, Sabtu, Minggu, Senin dan Rabu (27-30 dan 2 Mei). (lengkap lihat grafis)

Ketua Panitia Unas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu R Wahyu DP, SH, MM, MSi mengatakan bahwa ada penambahan satu hari baik paket C dan B. Untuk tahun ini ada 3.264 orang untuk peserta paket C dan 1.232 peserta paket B. Untuk lokasi pelaksanaanya baik paket C dan B dilaksanakan di 101 titik.

“Ujian paket ini tidak lagi UNKP. Semuanya dilakukan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan akan dibagi dalam tiga sesi. Sehingga peserta akan melaksanakan UNBK di sekolah yang sudah selesai melaksanakan UNBK baik tingkat SMA/SMK dan SMP/MTs,’’ ujar Wahyu kepada RB kemarin.

Dikatakan Wahyu, untuk paket B dan C sistem kelulusan juga diserahkan ke PKBM. Akan tetapi pelaksanaanya tetap dilakukan proses pengawasan ketat. Terutama pengawasan terhadap Joki. Jika kedapatan akan dinyatakan gugur sesuai POS Unas tahun 2018. Saat ini pihaknya sedang akan mempersiapkan untuk Unas tingkat SMP/MTs.

“Untuk tingkat SMP yang melaksanakan UNBK sebanyak 96 sekolah dari 655 sekolah yang menyelenggarakan unas. Sisanya sekolah masih menggunakan sistem UNKP.  Sekolah yang melaksanakan UNBK rinciannya MTs sebanyak 71 sekolah. Jumlah pesertanya Unas tingkat SMP/MTs tahun ini sebanyak 32.761 orang,’’ terangnya.

Diakui Wahyu, bahwa untuk soal akan segera disampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota. Saat ini soal masih diamankan di gudang Disdikbud Provinsi. Pendistrubisian dimulai H-3 Unas digelar.

“Jadi kami ingatkan siswa tetap harus tetap fokus belajar. Walaupun Unas bulan penentu kelulusan. Seperti SMA/SMK kelulusan ditentukan sekolah berdasarkan nilai USBN dan prilaku.  Jika tidak ikut Unas, dipastikan tidak akan lulus,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Soal UNKP SMP Mulai Didistribusikan

BENGKULU – Soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP untuk Kabupaten Mukomuko mulai distribusikan. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *