Home / BENGKULU SELATAN / KTP Anak Belum Berjalan

KTP Anak Belum Berjalan

REKAM E-KTP: Pelayanan perekaman e-KTP di Dinas Dukcapil BS.

KOTA MANNA – Meskipun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mendorong pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anak atau Kartu Identitas Anak (KIA) sejak tahun 2016, namun sampai saat ini di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) Program KIA belum berjalan. Pasalnya, pembuatan KIA ini bukan seperti KTP ditanggung oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten BS Gunawan Suryadi, S.Sos mengatakan Program KIA pertamakali mulai diterapkan tahun 2016 di 50 kabupaten/kota. Namun untuk Kabupaten BS sendiri belum bisa dilaksanakan karena belum ada anggaran dialokasikan pada APBD Kabupaten BS. Rencananya KIA akan diterapkan Kabupaten BS tahun ini melalui dana stimulan dari kementerian.

“Sudah 2 tahun kita usulkan tapi karena anggaran belum ada. Kedepan tetap akan kita usulkan karena selain progam ini wajib, juga dana dari APBN hanya stimulan. Beda halnya dengan e-KTP,” ujar Gunawan.

Dijelaskan Gunawan, berdasarkan rapat beberapa waktu lalu di Kementerian Dukcapil RI mengenai Program KIA, pada tahun 2018 ini sebanyak 150 kabupaten/kota akan mendapat dana stimulant untuk Program KIA termasuk Kabupaten BS. Tujuan program ini untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

“Program KIA ini wajib dilaksanakan, manfaatnya sama seperti KTP sebagai tanda pengenal. Juga nantinya menjadi syarat untuk pendaftaran masuk sekolah, dan mencegah terjadinya perdagangan anak,” bebernya.

Ditambahkan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten BS Edi Suhaimi, S.Sos,  target dari program KIA ini ada anak dibawah usia 17 tahun atau bayi baru lahir menurut pemerintah sudah harus memiliki identitas. Hanya saja untuk pelaksanaannya diprioritaskan anak-anak mulai usia sekolah PAUD/TK atau 5 tahun sampai dengan 17 tahun kurang. “Sampai saat ini data yang ada pada kita, untuk target Program KIA di BS mencapai 39.641 jiwa atau usianya 5-17 tahun,” terangnya. (key)

Baca Juga ...

Ditargetkan Akhir Oktober Disepakati

KOTA MANNA – Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPS) APBD 2019 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.