Home / MUKOMUKO / Plt. Gubernur Bakal Turunkan Tim

Plt. Gubernur Bakal Turunkan Tim

BERSIHKAN: Tampak nelayan PIM membersihkan alat tangkap di Muara Sungai Selagan.

MUKOMUKO – Plt. Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA merespon keluhan Pantai Indah Mukomuko (PIM) Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Dan juga keluhan nelayan Kecamatan Ipuh, Mukomuko. Ia akan meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, untuk melakukan pemantauan.

Diharapkan dari hasil pemantauan itu nantinya, didapat solusi yang terbaik untuk mengatasi keluhan ratusan nelayan tersebut. “Coba saya minta DKP dan LHK Bengkulu untuk memantaunya dulu. Bagaimana solusi yang bisa diambil,” singkat Gubernur via pesan WA, kemarin.

Sementara itu, hingga kemarin DKP dan DLH Mukomuko belum dapat memastikan apa yang sebenarnya yang telah mengganggu alat tangkap nelayan PIM. “Kami sangat berharap pemerintah cepat mengambil tindakan untuk mengungkap apa yang sebenarnya. Apakah benar limbah. Jika limbah, cepat diungkap pelaku yang membuang limbah ke laut,” kesal Sekretaris Nelayan PIM, Buyung Syahrial.

Kepala DLH Mukomuko drg. Robin Linton Simanjuntak mengatakan masih menunggu hasil uji laboratorium yang diuji diluar Kabupaten Mukomuko. Untuk memastikan nama dan jenis limbah yang mencemari laut di Mukomuko dan jadi keluhan nelayan. “Kami masih menunggu hasil uji laboratorium. Cepat atau lambat, pasti akan ketahuan itu apa dan sumbernya dari mana,” yakin Robin.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko Rachmad Hidayat, S.Pi memastikan, bahwa sampah itu bukanlah semacam alga, lumut atau ganggang. Rachmad pun tidak dapat memastikan jenis sampah tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko untuk membantu. Apa yang sebenarnya yang sedang menimpa nelayan. Ada nelayan yang menduga itu serabut dari pembuangan limbah buah kelapa sawit. Tapi itukan perlu dibuktikan, ini yang masih kita tunggu kajian dari LH,” tutup Rachmad. (hue)

Baca Juga ...

Harga TBS Turun

MUKOMUKO –Petani sawit di Kabupaten Mukomuko mengeluh. Pasalnya, sejak sepekan terakhir ini harga tandan buah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *