Home / MUKOMUKO / Rehab Sepadan Sungai, Rp 704 Juta

Rehab Sepadan Sungai, Rp 704 Juta

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko menyediakan dana Rp 704 juta di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko. Untuk melaksanakan kegiatan rehabilitasi sepadan sungai, yang sumber dananya dari pemerintah pusat. Ini dibenarkan Kepala DLH Mukomuko, drg. Robin Linton Simanjuntak.

Ia menargetkan, kegiatan rehabilitasi sempadan sungai itu sudah bisa mulai dilaksanakan awal Mei mendatang. Dengan titik lokasi yang direncanakan diantaranya Sungai Selagan, dan Sungai Air Manjunto. Pada intinya, khusus pada kawasan sempadan sungai yang sudah rusak hutannya.

“Untuk lebih detail lokasinya, nanti akan dilakukan survei ulang. Kalau dana aman, ada Rp 704 juta,” kata Robin. Dikemukakannya, dari dana sebesar itu, akan dibagi menjadi dua jenis kegiatan. Pertama Rp 333 juta untuk rehabilitasi sempadan sungai. Lalu sisanya sebesar Rp 371 juta, untuk kegiatan penanaman pohon di wilayah sepadan sungai.

Dan untuk kegiatan rehabilitasi ini, lanjut Robin, juga disediakan anggaran sebesar Rp 75 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten. Anggaran itu untuk pengadaan pembelian bibit kayu, termasuk untuk kegiatan penanaman bibit di sepadan sungai dan pantai.

Hanya saja untuk pembelian bibit sampai sekarang belum dilakukan, lantaran masih dalam proses perencanaan. “Dan untuk anggaran perubahan tahun 2018 ini, kami juga mengajukan anggaran yang sama untuk kegiatan rehabilitasi sungai, danau dan pantai. Sebab rehabilitasi ini sangat penting dilakukan, mengingat masih banyaknya hutan sepadan yang rusak dan gundul,” tukas Robin.(hue)

Baca Juga ...

Kapal Terbalik, Dua ABK Selamat

MUKOMUKO –Satu unit kapal nelayan terbalik saat hendak masuk mulut muara Pantai Pasar Sebelah. Kapal ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.