Home / METROPOLIS / Venue Olahraga Belum Siap – Jelang Porprov 2018

Venue Olahraga Belum Siap – Jelang Porprov 2018

SIDAK: Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu didampingi KONI Provinsi Bengkulu dan Dispora Provinsi Bengkulu saat inspeksi mendadak (Sidak) melakukan pengecekan venue olahraga, kemarin (16/4).

BENGKULU – Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada Mei 2018 dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019, kesiapan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah masih dipertanyakan sejumlah pihak. Hal ini terlihat dari belum siapnya beberapa venue penyelenggaraan cabang olahraga (Cabor) dalam menunjang kesuksesan kedua event akbar olahraga tersebut.

Hal ini membuat Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu langsung turun ke lapangan guna melakukan pengecekan venue olahraga, kemarin (16/4). Didampingi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Komisi IV DPRD Provinsi mengakui bahwa sejauh ini venue olahraga di Bengkulu memang belum siap untuk menunjang perhelatan Porprov maupun Porwil mendatang.

Diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Ir. Muharramin, selama ini pihaknya berpikir bahwa seluruh kesiapan pendukung Porprov dan Porwil sudah mencapai tahapan 90 persen. Seperti stadion, GOR, wisma atlet dan kolam renang. Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata venue-venue tersebut masih jauh dari kata layak.

“Kita pikir sudah siap 90 persen, tapi ternyata belum sampai 50 persen kesiapan venue-nya. Ini jangankan untuk standar nasional, untuk standar lokal pun masih belum layak,” terang politisi Demokrat ini.

Untuk itu, Muharramin yang didampingi oleh anggota Komisi IV lainnya seperti Parial, Erwan Eriadi, dan Raharjo Sudiro meminta kepada Dispora Provinsi Bengkulu untuk membuat kembali usulan-usulan guna melakukan renovasi venue olahraga penunjang Porwil 2019 mendatang. Karena menurutnya Bengkulu tidak bisa lagi mengelak untuk menjadi tuan rumah.

“Kalau untuk Porprov ini memang tidak bisa terkejar, namun untuk Porwil kita masih punya harapan untuk segera memperbaikinya. Untuk itu kita berharap Dispora bisa merancang kembali usulan dalam rehabilitasi venue olahraga, agar Bengkulu benar-benar siap dan sukses menjadi tuan rumah Porwil,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Drs. H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd mengungkapkan, pihaknya memang berencana akan melakukan penambahan usulan guna perbaikan dan renovasi beberapa venue olahraga, sehingga Bengkulu benar-benar terlihat siap mengakomodir setiap event perlombaan yang dipertandingkan dalam Porwil mendatang.

“Kita sudah siap mengusulkan beberapa penambahan di APBDP 2018 mendatang, selain mengusulkan renovasi dan rehabilitasi, beberapa venue pun akan kita usulkan untuk segera dibangun dan dilengkapi pada APBDP 2018 mendatang. Kita berharap DPRD Provinsi Bengkulu bisa mengkaji lebih lanjut usulan tersebut sesuai dengan apa yang kita harapkan,” terang Meri Sasdi.

Terpisah Ketua KONI Provinsi Bengkulu, Mufran Imron, SE mengaku selama ini Dispora sudah benar mengambil langkah dalam melakukan perbaikan dan rehabilitasi atas beberapa venue olahraga di Bengkulu. Hanya saja dengan kondisi KONI Provinsi Bengkulu saat itu yang sempat vakum, sehingga Dispora kesulitan dalam berkoordinasi mengenai kelayakan kesiapan dari venue-venue yang akan dimaksimalkan, sesuai dengan petunjuk dari Cabor masing-masing.

“Saat ini KONI Provinsi Bengkulu sudah memiliki kepengurusan definitif. Sehingga Dispora bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan KONI dalam memaksimalkan sarana dan prasarana olahraga yang ada di Bengkulu, sesuai dengan aturan Cabor masing-masing terkait sarana dan prasarananya,” kata Mufran. (sly)

Baca Juga ...

Soal UNKP SMP Mulai Didistribusikan

BENGKULU – Soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP untuk Kabupaten Mukomuko mulai distribusikan. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *