Minggu , 21 Oktober 2018
Home / BERITA UTAMA / Hati-Hati Saat Berbelok pada Tikungan

Hati-Hati Saat Berbelok pada Tikungan

BENGKULU – Keselamatan berkendara merupakan hal penting yang harus diutamakan saat berkendara sepeda motor. Sepeda motor pun telah dirancang dengan mempertimbangkan fakktro keamanan berkendara. Sebagai contoh, sepeda motor trail telah dilengkapi dengan mesin yang performanya mendukung medan offroad.

Demikian pula dengan sepeda motor balap Honda RC213V, sepeda motor yang dikendarai oleh Marc Marquez diproduksi dengan spesifikasi khusus untuk dapat melintas di sirkuit balap Moto GP. Oleh karena itu, pebalap Moto GP dapat berbelok hingga kemiringan 62o di sirkuit balap tanpa terjatuh. Selain itu, pebalap Moto GP merupakan pebalap yang terlatih dan sudah teruji kemampuannya diatas kuda besi dalam sirkuit balap.

Tidak jarang pula pemuda mengidolakan pebalap Moto GP dan berandai-andai menjadi pebalap Moto GP saat berkendara sepeda motor. Hal ini merupakan tindakan yang salah dan berbahaya, karena sepeda motor yang digunakan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan sepeda motor balap. Tak jarang tikungan menjadi salah satu TKP kecelakaan sepeda motor terjadi.

Instruktur Safety Riding, Noval Yunaidi menjelaskan bahwa berbelok di jalan raya dengan sudut kemiringan seperti pebalap Moto GP tidak diperbolehkan untuk dilakukan di jalan raya. Hal ini dikarenakan jalan raya bukanlah sirkuit khusus yang diperuntukkan pengendara untuk menikung dengan sudut kemiringan sama seperti pebalap Moto GP.

Kedua, sepeda motor yang digunakan pada Moto GP merupakan sepeda motor yang didesain khusus untuk melintasi sirkuit balap. Ketiga, skill dan kemampuan pebalap Moto GP sudah terasah dan terbukti untuk melakukan maneuver-maneuver di sirkuit balap.

“Astra Motor Bengkulu akan terus mengkampanyekan Safety Riding untuk masyarakat Bengkulu. Harapan kami agar masyarakat Bengkulu mempunyai pola dan kebiasaan berkendara yang aman dan tertib peraturan lalu lintas” ujar Kresna Murti Dewanto selaku Marketing Manager Astra Motor Bengkulu. (**)

Baca Juga ...

Jika Tidak Sesuai Prosedur Bisa Jadi Pidana, Soal Peralihan Tanah Hotel Samudera Dwinka

BENGKULU – Penyelidikan terhadap Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) atas pembelian lahan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.