Minggu , 21 Oktober 2018
Home / KEPAHIANG / Empat Aliran Terindikasi Sesat Diawasi PAKEM

Empat Aliran Terindikasi Sesat Diawasi PAKEM

KEPAHIANG – Ada 4 aliran yang terindikasi sesat di Kepahiang kini tengah diawasi tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan (PAKEM) Kepahiang. Tim sudah melakukan deteksi awal dan hasilnya keempatnya masih diawasi. Karenanya Ketua PAKEM yang juga Kajari Kepahiang, H. Lalu Syaifudin, SH, MH belum bisa menyebutkannya.

“Ada empat yang jadi catatan untuk dipantau, belum bias kita publikasikan dulu. Karena kita masih mendalami,” kata Lalu menjelaskan hasil rapat mereka.

Tim PAKEM akan pendalaman hingga H-2 jelang Ramadan, dia sudah bisa mengupdate kembali informasi mengenai 4 aliran yang diawasi tersebut. “Kalau ditemukan ada masalah di dalamnya baru kita lakukan langkah strategis,” imbuh Lalu.

Dia mengaku menentukan aliran itu sesat atau tidak sesuai keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. Jika dari 10 ciri-ciri saja yang masuk, sudah dapat dinyatakan aliran sesat. “Pertama kita akan pencegahan, kemudian deteksi dini atas gejala-gejala, Setelah itu baru akan kita sampaikan ke tim Pakem pusat untuk menentukan sikap,” lanjut Lalu.

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM yang juga hadir dalam rapat mengaku keberadaan Tim PAKEM untuk mengawasi kemungkinan adanya aliran yang terindikasi menyimpang, sehingga tidak berkembang meluas.

Ke-10 indikator aliran masuk dalam kategori mengingkari salah satu dari rukun iman, meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah, meyakini turunnya wahyu setelah Alquran, mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran, melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir, mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam, menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul, mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir,  mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib tidak 5 waktu dan mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.(zie)

Baca Juga ...

Verifikasi Berkas Terkendala Jaringan dan Listrik Padam

KEPAHIANG – Panitia penerimaan berkas seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kepahiang Tahun 2018 hingga ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.