Minggu , 21 Oktober 2018
Home / BERITA UTAMA / Diklat Jurnalistik RB Segera Berlanjut

Diklat Jurnalistik RB Segera Berlanjut

RESMI DITUTUP: GM Harian RB, Pihan Pino, S.Ikom bersama pengurus Yayasan Pendidik RB dan peserta diklat.

BENGKULU – Pendidikan dan Latihan (Diklat) Jurnalistik Rakyat Bengkulu (RB) angkatan VIII, Selasa (15/5) kemarin resmi ditutup. General Manager Harian RB, Pihan Pino, M.IKom mengatakan materi-materi yang diberikan dalam diklat Jurnalistik itu sama dengan materi-materi yang diberikan pada seluruh wartawan RB. Dia berharap  bekal tersebut bisa dipergunakan dengan baik.

“Seperti kawan-kawan dari Kominfo bisa membuat peliputan atau rilis yang bagus. Begitu juga kawan-kawan dari Honda juga bisa membuat rilis dengan mutu yang sangat bagus. Tentunya harapan kita bisa bersinergi dengan baik dengan kami di RB,” kata Pihan Pino.

Dia mengatakan Diklat Jurnalistik Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu ini akan terus dilakukan. Bukan hanya digelar di Graha Pena RB dan RBTV saja, atau mengundang peserta dari luar daerah ke Bengkulu. Nanti juga akan digelar Diklat Jurnalistik di lokasi-lokasi kantor pemerintahan atau perusahaan swasta di daerah.  “Nanti kita yang akan datang ke sana memberikan ilmu jurnalistik lebih mendalam,” terang Pihan Pino.

Sementara itu Diklat Jurnalistik ini memberikan kesan yang mendalam bagi peserta. Seperti yang disampaiklan Kevin salah satu peserta dari Honda. Dia menjelaskan, dengan mengikuti kegiatan ini, dia bisa lebih paham cara menulis berita. Selain itu juga memahami bagaimana cara kerja media. Mereka sudah mengetahui bagaimana dapur redaksi RB dan juga redaksi RBTV.

“Di hari pertama kami diajak berkunjung ke ruang redaksi. Oh ternyata seperti itu cara memproduksi berita, membaca berita di TV,” katanya.

Dia berharap, kedepannya berita-berita rilis yang dibuat oleh Honda ke RB akan semakin banyak dan mutunya juga akan semakin bagus. Sehingga berita rilis yang mereka buat memiliki daya tarik yang akhirnya diterbitkan oleh perusahaan media terutama RB. “Ya dari Honda kami berterimakasih banyak dengan adanya program diklat jurnalistik ini,” ujarnya.

Sama halnya dengan peserta yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Bengkulu ini, Rio. Saat mengetahui ada Diklat Jurnalistik dia langsung mendaftar. “Kami berterima kasih pada mentor yang telah banyak memberikan ilmunya. Terutama saat berada di lapangan selama 4 hari. Di sini kami memahami benar mempraktekkan secara langsung bagaimana wawancara kemudian membuat berita,” ujarnya.

Seluruh peserta diklat jurnalistik diberikan sertivikat. Usai penutupan acara seluruh peserta diklat kemudian pulang ke lokasinya masing-masing. Penutupan diklat junalistik ini juga dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan RB yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Bengkulu Zacky Antoni, SH, Pemimpin Redaksi RB Riky Dwi Putra,Redaktur Pelaksana RB Patri Muwardi, Redaktur RB Sumarlin dan Manager Sirkulasi Hazrim. Pembawa acara dalam kegiatan ini adalah Redaktur RB Fazlul Rahman.(del)

Baca Juga ...

Jika Tidak Sesuai Prosedur Bisa Jadi Pidana, Soal Peralihan Tanah Hotel Samudera Dwinka

BENGKULU – Penyelidikan terhadap Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) atas pembelian lahan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.