Minggu , 21 Oktober 2018
Home / BENGKULU SELATAN / Izin Operasi PT BSL Terancam Dicabut

Izin Operasi PT BSL Terancam Dicabut

KOTA MANNA – Menindaklanjuti temuan DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) saat Sidak di pabrik CPO PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) di Desa Lubuk Ladung, Kecamatan Kedurang Ilir, izin operasi PTB BSL terancam dicabut. Bupati BS, H. Dirwan Mahmud, SH berencana memanggil manajeman PT BSL dan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Kabupaten BS.

“Akan kita panggil manajemennya, juga DLHK. Temuan ini menunjukkan kalau pihak BSL kurang serius dalam mengelola limbah agar tidak mencemari lingkungan,” kata Dirwan geram, kemarin (15/5).

Lanjutnya, gejolak di pabrik CPO PT SBS sepertinya tidak menjadi pembelajaran bagi manajemen PT BSL agar mengelola limbah cair CPO sesuai aturan. Kedua temuan, yaitu pada kolam 3 dan 5 diduga menjadi penyebab pencemaran lingkungan harus dibenahi oleh manajemen PT BSL. Bila hingga batas waktu diberikan belum juga ditindaklanjuti oleh manajemen, maka tidak menutup kemungkinan Pemkab BS akan memberikan sanksi berupa pencabutan izin operasional PT BSL.

“Kalau memang serius untuk berinvestasi harusnya manajemen bisa berbenah. Termasuk lahan perkebunan sendiri seharusnya dari awal pabrik sudah memilikinya bukan baru sekarang baru mau dibuat,” sesalnya.

// Ikan Mati di Air Selali

Terpisah, dugaan pencemaran sungai oleh pabrik CPO PT SBS di Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya kembali dikeluhkan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Pino Raya (FMPL-PR) Kabupaten BS. Lantaran dalam beberapa hari terakhir ini, di Sungai Air Selali lokasi pembuangan limbah akhir pabrik CPO ditemukan banyak mati di sungai yang berwarna kehitaman dan berminyak ini.

“Kami FMPL-PR bersama Walhi sudah menyurati DLHK Provinsi untuk cek laboratorium. Karena ikan sudah 5 hari ini kita temukan banyak mati di sungai Air Selali yang warnanya dalam keadaan hitam pekat,” beber Koordinator FMPL-PR, Jerly Biterfin. (key)

Baca Juga ...

Ditargetkan Akhir Oktober Disepakati

KOTA MANNA – Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPS) APBD 2019 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.