Minggu , 21 Oktober 2018
Home / METROPOLIS / Listrik Padam, Pelayanan Kependudukan Lumpuh Total

Listrik Padam, Pelayanan Kependudukan Lumpuh Total

ANTRE: Tampak suasana warga sedang mengantre di Kantor Dinas Dukcapil Kota Bengkulu.

BENGKULU – Padamnya aliran listrik di komplek perkantoran Pemerintah Kota Bengkulu, di Kelurahan Bentiring berdampak besar terhadap pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu. Akibatnya antrean masyarakat Kota Bengkulu yang ingin mengurus dokumen kependudukan menjadi membludak.

Pelayanan juga menjadi terganggu listrik di komplek perkantoran itu diketahui telah padam sejak pukul 05.00 WIB kemudian baru hidup kembali pukul 09.30 WIB. Sedangkan warga sudah mulai mengambil nomor antrean sejak pukul 06.00 WIB.

Akhirnya warga yang datang sejak pagi baru bisa dilayani mulai pukul 10.00 WIB. Warga harus menghabiskan waktu seharian untuk namanya dipanggil sesuai nomor urut yang mereka dapatkan. “Dari pagi tadi mas, sampai jam 11.30 WIB ini belum dipanggil,” kata Deni yang akan mengurus Kartu Keluarga.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto Widyo Seputro mengatakan, permasalahan listrik ini baru selesai setelah dia menelpon petugas PLN. Tak lama setelah ditelfon petugas datang memperbaiki jaringan. “Ya tadi padam karena gangguan jaringan di sana. Setelah diperbaiki listrik kembali hidup, kemudian pelayanan langsung dimulai,” terangnya.

Dukcapil sebenarnya memiliki genset, namun kapasitas genset yang hanya 10.000 watt tidak mampu menghidupkan beragam mesin pencetak dan perekam dokumen kependudukan di Dukcapil. Sehingga genset itu tidak terpakai. Berdasarkan analisis kebutuhan, mesin genset yang dibutuhkan dukcapil mencapai 20.000 watt. “Kita mengusulkan nanti di APBD murni anggaran pembelian genset otomatis. Harganya sekitar 450 juta,” ujarya.

Saat ini ruangan pelayanan Disdukcapil sangat pengap. Ibu-ibu yang membawa anak menjadi kebingungan karena anak-anaknya kepanasan saat menunggu. Banyak juga warga yang harus berdiri karena tidak kebagian tempat duduk. Sudarto mengatakan, ruang pelayanan akan ditambah. Seluruh ruang secretariat dukcapil akan dijebol dan diubah menjadi ruang pelayanan.

“Nanti sekretaris akan menempati ruang baru yang saat ini sudah finishing,” tuturnya.(del)

Baca Juga ...

Satpol PP Amankan Remaja Minum Tuak

BENGKULU – Belasan remaja yang masih di bawah umur kemarin malam (18/10) diamankan Satpol PP ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.