Minggu , 21 Oktober 2018
Home / MUKOMUKO / Minggu Ini TPG Cair

Minggu Ini TPG Cair

RAPAT TEKNIS: Rapat pembahasan teknis penyusunan data statistik daerah tahun 2018 yang digelar Diskominfo Mukomuko, kemarin (15/5).

MUKOMUKO – Ini kabar gembira bagi guru penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG). Bila tidak ada aral melintang, minggu ini TPG triwulan pertama tahun ini akan cair dalam minggu ini. Kepala Disdikbud Mukomuko Saburdi, S.Pd, M.Hum sudah dapat kabar dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, kemarin (15/5). Bahwa dana TPG untuk triwulan pertama tahun ini, sudah ditransfer Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke Kas Daerah (Kasda) Pemkab Mukomuko.

Dia mengaku sudah minta Pengelola Aneka Tunjangan Guru, Muhammad Rizani, S.AP memprosesnya. Sehingga 889 guru yang sudah terbit SK sebagai penerima TPG tahun ini, diproses administrasi pembayarannya. “Sekarang sedang diproses sertifikasinya,” kata Rizani yang akrab disapa Zani.

Zani optimis, pencairan tak akan ada masalah bila dokumen Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sudah terbit. Tinggal proses verifikasi nomor rekening di masing-masing bank penyalur. “Insya Allah kalau SP2Dnya sudah ada, tinggal bank verifikasi nomor rekening,” terang Zani.

Total dana yang sudah ditransfer Kemenkeu ke Kasda Pemkab Mukomuko, mencapai Rp 12,7 miliar. Masing-masing guru, besaran TPGnya berbeda-beda. Disesuaikan dengan gaji pokok terakhir saat nama guru bersangkutan diajukan untuk mendapatkan SK sebagai guru penerima TPG. “Sesuai golongan dan gaji pokoknya. Tidak dipukul rata untuk setiap guru penerima, yang jumlahnya sebanyak 889 orang,” lanjut Zani.

Sebelumnya Disdikbud Mukomuko tidak dapat memastikan kapan TPG dibayar,  karena saat itu dana TPG belum ditransfer. Zani memastikan Disdikbud Mukomuko sudah menyampaikan laporan terkait penyaluran TPG sepanjang tahun 2017. Termasuk penyaluran TPG tahap akhir, triwulan keempat tahun 2017 lalu. Harusnya sudah tidak ada masalah lagi.

Zani mengakui, sebelumnya sempat terjadi miskomunikasi dengan Kemenkeu dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pelaporan TPG tahun 2018. Namun hal tersebut telah diatasi dan diselesaikan.

“Kami mohon maaf atas keterlambatan pencairan TPG triwulan pertama tahun 2018 ini. Memang selain transfer dana belum masuk, keterlambatan itu juga karena ada miskomunikasi antara Disdikbud Mukomuko dengan Kemenkeu. Kami sudah menyelesaikan miskomunikasi tersebut,” demikian Zani.(hue)

Baca Juga ...

Lokasi Tes CPNS Dirancang di MM

MUKOMUKO –Sebelumnya panitia tes CPNS Mukomuko rancang computer assisted test (CAT) seleksi kompetensi dasar (SKD) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.