Rabu , 26 September 2018
Home / METROPOLIS / Cegah Pungli Parkir, Dishub Bagi Selebaran

Cegah Pungli Parkir, Dishub Bagi Selebaran

BENGKULU – Untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) parkir khususnya di lokasi wisata, Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, telah mencetak selebaran yang akan dibagikan pada wisatawan. Selebaran itu berisikan aturan atau besaran retribusi parkir berdasarkan perda. Yakni Sepeda motor Rp 1.000 per kali parkir dan mobil roda empat Rp 2.000 per kali parkir.

Dengan selebaran itu nantinya, warga bisa  tahu dan tidak membayar lebih retribusi parkir pada petugas parkir yang ada di seluruh lokasi wisata Kota Bengkulu. “Jadi ada petugas yang memang tugasnya nanti membagikan selebaran itu pada setiap kendaraan yang masuk ke lokasi wisata. Jadi masyarakat tidak membayar lebih,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Bardin.

Dia mengatakan, juga akan dipasang spanduk di lokasi-lokasi strategis terkait besaran uang parkir ini. Masyarakat harus berani untuk tidak membayar uang parkir lebih. Jika dipaksakan membayar uang parkir lebih, harus berani melaporkannya kepetugas Dishub yang selalu siaga di lokasi wisata nantinya. Sehingga kalau ada petugas parkir yang nakal bisa langsung ditindak. “Kami juga akan patroli ke lokasi-lokasi parkir itu,” terangnya.

Petugas parkir haruslah yang memiliki surat perintah tugas (SPT) lokasi parkir. Jika kekurangan orang, pemilik SPT Parkir harus melengkapi anggotanya dengan ID card. Selain itu juga pengambilan retribusi parkir harus disertakan dengan karcis. Karcis ini sebagai bukti pembayaran retribusi parkir tersebut. Parkir yang dikenakan kepada pengendara adalah parkir di pinggir jalan.

Jika parkir di dalam kawasan wisata bukan Dishub yang mengelola. Apakah boleh mengambil uang parkir warga yang perkir di pinggir pantai atau di lokasi pinggir pemecah ombak di pantai Panjang, itu tidak boleh.  “Dulu pernah kita panggil pemegang izin parkir itu, kata mereka bukan uang parkir yang mereka minta. Tapi uang kebersihan,  entah kemana larinya uang itu,” ujarnya.(del)

Baca Juga ...

Kembangkan Kasus Curat

CURUP – Satreskrim Polres Rejang Lebong (RL) terus berupaya mengungkap aksi 3C (curat, curas dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.