Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / Gelombang Capai 3 M, Nelayan Diminta Waspada

Gelombang Capai 3 M, Nelayan Diminta Waspada

MUKOMUKO – Jelang lebaran, gelombang laut di perairan Mukomuko, berangsur naik. Dari prakiraan cuaca yang diterima Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko, ketinggian gelombang bisa mencapai tiga meter. Kondisi itu diperkirakan akan berlangsung hingga 16 Juni 2018.

Informasi ketinggian gelombang ini, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimaktologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang disampaikan ke DKP Mukomuko kemarin (12/6).

Sekretaris DKP Mukomuko, Rachmad Hidayat, S.Pi mengimbau nelayan, waspada. Sebab ketinggian gelombang laut bisa membahayakan nelayan. “Semisal perahu atau jokong karam, tidak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan kapal karam,” kata Rachmad.

Apalagi kecepatan angin berdasarkan data dari BMKG tersebut, bisa mencapai 5 – 10 knot. Ini dapat memicu terjadinya badai.

“Informasi cuaca ini, sudah kami sampaikan pada ketua nelayan, PPK, kades dan tokoh nelayan. Diharapkan bisa jadi perhatian,” imbuh Rachmad.

Jika nelayan masih nekat melaut, dengan kondisi cuaca yang tidak baik, diimbau menyiapkan diri dengan baik dan membawa peralatan pengaman. Seperti baju pelampung, maupun barang lain yang dapat mengapung di laut.

“Tujuannya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, nelayan dapat menggunakan peralatan tersebut. Jangan sampai ada kejadian yang tidak kita inginkan selama cuaca buruk ini,” demikian Rachmad.(hue)

Baca Juga ...

Pajak Pemanfaatan Air Bawah 10 Persen

MUKOMUKO – Kabid Pendapatan 1 Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko Singgih Pramono, S.Sos, M.Si mengatakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.