Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / Imam dan Khatib

Imam dan Khatib

MUKOMUKO – Salat Idul Fitri atau dikenal juga salat id, hampir dipastikan serentak digelar Jumat (15/6). Pengurus masjid telah menyiapkan iman dan khatib masing-masing tanpa bantuan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko.

Kakan Kemenag Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH mengatakan saat mendata melalui 15 Kantor Urusan Agama (KUA), masing-masing masjid sudah ada nama iman dan khatibnya. “Identitas ratusan imam dan khatib sudah kita peroleh dari seluruh KUA di 15 kecamatan,” kata Ajamalus.

Ajamalus tidak mencampurai soal imam dan khatib yang sudah ditunjuk pengurus masjid. Sebab KUA di tingkat kecamatan hanya mengawai dan memantau. Dia tidak mempersoalkan siapapun khatib dan imam salat id. Yang penting isi ceramah tidak mengarah ke tindakan provokasi dan hal-hal negatif lain.

“Khatib diingatkan jangan menyampaikan isi yang mengarah ke provokasi dan radikalisme. Juga hal-hal mengarah negatif lain yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, serta antar umat beragama. Sampaikan isi ceramah yang menyejukkan dan memberikan nilai yang bermanfaat, juga positif baik bagi diri sendiri, orang lain dan negara,” imbau Ajamalus.

Dari data Kemenag Mukomuko tercatat 244 lokasi telah disiapkan pengurus masjid  . Baik itu yang dilakukan dalam masjid maupun di lapangan terbuka. “Pelaksanaan salat id di lapangan terbuka cukup banyak. Ini karena masjid tidak dapat menampung seluruh jamaah,” lanjut Ajamalus.

Menurut Ajamalus, pelaksanaan salat id di dalam masjid dan lapangan terbuka, tidak ada larangan. Jamaah diingatkan saat menjalankan salat, tetap khusyuk dan khidmat.(hue)

Baca Juga ...

Pajak Pemanfaatan Air Bawah 10 Persen

MUKOMUKO – Kabid Pendapatan 1 Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko Singgih Pramono, S.Sos, M.Si mengatakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.