Rabu , 26 September 2018
Home / BERITA UTAMA / Pastikan Rekrut CPNS Pemda

Pastikan Rekrut CPNS Pemda

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan

JAKARTA – Tahun ini pemerintah berencana kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan jumlah pendaftar bisa tembus 10 juta orang.

Sebagaimana diketahui tahun lalu pemerintah juga membuka pendaftaran CPNS baru. Hingga penutupan, jumlah pelamar mencapai 2,4 juta orang. Perinciannya 1,1 juta lebih pelamar gelombang pertama dan 1,29 jutaan melamar lowongan di gelombang kedua.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyebutkan potensi pelamar CPNS tahun ini lebih banyak. Prakiraan BKN sekitar delapan sampai sepuluh juta pelamar. Dari manakah perkiraan angka tersebut?

“Kira-kira satu formasi diperebutkan 40 pelamar. Menurut Menteri PAN-RB, perkiraan formasinya 200 ribu sampai 250 ribu,” kata Ridwan kemarin. Jadi jika ditotal potensi pelamar CPNS tahun ini bisa sampai 10 juta orang. Untuk Ridwan mengatakan BKN harus menyiapkan infrastruktur pendaftaran online untuk antisipasi membludaknya pelamar CPNS tahun ini.

Diantaranya ada meningkatkan kapasitas website pendaftaran CPNS online yakni https://sscn.bkn.go.id. Sehingga ketika diakses oleh seluruh calon pelamar CPNS baru, tidak mengalami hambatan seperti server down atau sejenisnya. Upgrade infrastruktur lainnya adalah ketersediaan komputer untuk seleksi kompetensi dasar (SKD).

Ridwan mengatakan tes CPNS tahun ini tidak hanya untuk mengisi instansi pusat. Tetapi juga instansi daerah. Sehingga keberadaan komputer untuk mendukung tes tersebar di berbagai penjuru. Minimal di masing-masing provinsi tersedia fasilitas komputer untuk ujian SKD CPNS baru. “Kalau SKD-nya harus di Jakarta semua, ada pertimbangan ongkos. Jadi sebaiknya tersebar di daerah,” tuturnya.

BKN masih mempertahankan ujian berbasis komputer karena lebih transparan dan jujur. Selesai ujian peserta bisa mengetahui dirinya mampu mengejar passing grade atau tidak. Ridwan juga meminta masyarakat hati-hati terhadap berbagai modus penipuan bermodus CPNS baru. Diantaranya yang sering muncul adalah surat pengangkatan secara langsung kepada tenaga honorer. Padahal tidak ada skema pengangkatan langsung atau tanpa tes rekrutmen CPNS untuk kategori apapun di UU Aparatur Sipil Negara (ASN). (wan)

Usai Lebaran, Formasi CPNS Turun

Informasi diperoleh, jika tidak ada perubahan, formasi CPNS masing-masing daerah akan dikeluarkan oleh Kemenpan dan RB serta BKN usai lebaran Idul Fitri, atau paling lama seusai kegiatan Pilkada Serentak 27 Juni nanti. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Dra. Hj. Diah Iriant, M,Si pada RB tadi malam. Dia menjelaskan, kabar mengenai akan turunnya formasi CPNS itu sudah didapat oleh BKD. Sehingga usai lebaran ini akan ada perkembangan terkait tes CPNS. “Ya nanti usai lebaran baru ada. Informasi dari BKN formasi ini akan diturunkan usai libur lebaran nanti,” kata Diah.

Dia menjelaskan, saat ini Pemda Provinsi dan juga serta Pemda Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu sudah mengusulkan kebutuhan CPNS. Jika dikalkulasikan seluruhnya formasi yang diusulkan 5.452 yang umumnya tenaga guru dan medis. Namun dia mengatakan jumlah CPNS yang diterima nanti sesuai dengan jumlah PNS pensiun di tahun 2018.

Sehingga terakhir kemarin BKN meminta data PNS yang akan pensiun. “Jumlah formasi per daerah itu lebih kurang sama dengan jumlah CPNS nanti yang akan pensiun. Kita dan seluruh daerah kabupaten sudah mengusulkannya. Pengusulan CPNS kabupaten itu melalui BKD Provinsi,” terangnya.

Untuk pelaksanaan tes CPNS sudah disiapkan. Untuk tes CPNS kemungkinan masih sama seperti tahun lalu, yakni tes tertulis menggunakan system computer assisted test (CAT). Ini supaya perekrutan berjalan dengan professional dan transparan. Menghindari terjadinya kecurangan. “Kita sekarang sifatnya masih menunggu. Nanti setelah turun formasi maka akan dilakukan persiapan-persiapan lain untuk pelaksanaan CPNS ini,” ujarnya.

Berdasarkan data usulan penerimaan CPNS, untuk Pemda Provinsi Bengkulu mengusulkan 600 CPNS, kemudian Lebong sebanyak 499 CPN, Kota Bengkulu sebanyak 752 CPNS, kemudian Kaur 973 CPNS, Seluma 461 CPNS, Bengkulu Tengah 300 CPNS,  Rejang Lebong 384 CPNS, Bengkulu Utara sebanyak 300 CPNS, Mukomuko sebanyak 329 CPNS dan Bengkulu Selatan 219 CPNS. Kemudian dalam pertemuan terakhir BKN meminta masing-masing daerah mengirimkan data jumlah pegawai yang akan pensiun di tahun 2018. Sebab kemungkinan kuota CPNS di masing-masing daerah itu sesuai dengan jumlah CPNS yang pensiun. Seperti di Kota Bengkulu ada sekitar 243 PNS yang akan pensiun tahun ini.(del)

 

Baca Juga ...

Kasasi Ridwan Mukti Ditolak Mahkamah Agung, Rohidin Segera Dilantik Gubernur

BENGKULU– Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA akan dilantik segera ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.