Home / BENGKULU SELATAN / Waspada Uang Palsu Beredar

Waspada Uang Palsu Beredar

UPAL: Inilah uang palsu (Upal) pecahan Rp 50 ribu yang ditemukan beredar di Kabupaten BS.

KOTA MANNA – Menjelang Lebaran, uang palsu ditemukan beredar di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Uang kertas palsu pecahan Rp 50 ribu ini ditemukan oleh Wendi (27), pemilik warung di Jalan Letnan Tukiran Kecamatan Kota Manna. Uang tersebut diperoleh Wendi dari orang yang membeli BBM eceran di warungnya.

Data terhimpun, Wendi mendapat uang tersebut Senin (11/6) sekitar pukul 18.05 WIB. Saat itu ada mobil Avanza putih berhenti di warungnya untuk membeli BBM eceran. Tanpa turun dari mobil, orang yang berada di dalam mobil meminta agar Wendi mengisi BBM sebanyak 5 liter. Usai mengisi BBM mobil tersebut, Wendi menerima uang Rp 50 ribu.

Lantaran harga total BBM Rp 45 ribu, maka Wendi menyerahkan kembalian uang Rp 5 ribu. Setelah itu mobil langsung pergi, dan Wendi juga kembali ke warung. Namun betapa kagetnya Wendi saat dicek rupanya uang Rp 50 ribu tersebut adalah uang palsu. “Awalnya saya tidak curiga dengan pembeli yang tidak turun dari mobil, karena saat itu menjelang berbuka puasa. Ketika saya cek lagi uangnya rupanya uang itu uang palsu,” beber Wendi pada RB, kemarin (12/6).

Kapolres BS, AKBP Rudy Purnomo, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim, AKP Enggarsah Alimbaldi, SH, S.IK mengimbau agara masyarakat BS lebih teliti saat menerima uang. Tidak menutup kemungkinan pemilik Avanza putih yang membeli BBM dari korban sengaja membeli BBM di warung dengan uang palsu. Lantaran modus operandi yang biasa digunakan pelaku pengedar uang palsu dengan cara membelanjakan uang ke warung-warung.

“Lebih teliti lagi kalau menerima uang, apalagi ini sudah mau Lebaran. Tiga D, dilihat, diterawang, dan diraba. Kalau ada warga mendapatkan uang palsu, segera laporkan dengan kita. Juga diingat ciri-cirinya supaya bisa segera kita tindaklanjuti ,” tandasnya. (key)

Baca Juga ...

Gusnan DL, Yunizar Sampaikan Lpj Bup

KOTA MANNA – Plh Sekda Bengkulu Selatan (BS) Yunizar Hasan, SH, MAP menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.