Rabu , 26 September 2018
Home / CURUP / Waspada Upal di Jalan

Waspada Upal di Jalan

CURUP – Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran uang palsu (upal). Sekalipun hingga H-2 kemarin (3/7) belum ada korban yang melapor, Kapolres berpesan penukaran uang sebaiknya dilakukan ke bank. Atau pihak yang ditunjuk resmi oleh bank.

‘’Jangan mudah percaya menukarkan uang yang secara bebas berkeliaran di tepi jalan umum,” kata Kapolres. Imbauannya itu demi keselamatan masyarakat dari peredaran upal. Diakuinya, Polres juga sudah menurunkan tim untuk mengawasi peredaran upal. Khususnya terhadap pihak luar bank yang menjual jasa penukaran uang.

Dijelaskan Kapolres, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat jelang lebaran menukarkan uang pecahan kecil untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada anak-anak. Tidak hanya merugikan korbannya, peredaran upal juga berdampak merugikan perekonomian negara. ‘’Mudah-mudahan saja tidak ada warga yang menjadi korban upal,’’ tutur Kapolres.

Rata-rata upal yang beredar pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Modusnya, upal dijadikan alat jual beli. Pelaku biasanya membelanjakan upal ke warung-warung kecil yang dipastikan tidak punya alat pendeteksi uang. Itupun biasanya dilakukan di waktu malam.

‘’Pelaku tidak akan membelanjakan upal itu di minimarket. Makanya kepada pemilik warung-warung kecil, kami harap benar-benar memperhatikan uang yang diterima dari aktivitas jual beli,’’ tukas Kapolres.(sca)

Baca Juga ...

Dua Oknum Pemeras Jadi Tahanan Jaksa

CURUP – Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan dua oknum yang mengaku anggota Lembaga Swadaya Masyarakat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.