Minggu , 23 September 2018
Home / BENGKULU SELATAN / 4 Kades Kembalikan Rp 1,5 M

4 Kades Kembalikan Rp 1,5 M

CAIRKAN: Perangkat desa saat memproses pencairan DD/ADD.

KOTA MANNA – Tempo waktu 4 bulan dalam tahun ini, Inspektorat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berhasil menyelematakan uang negara Rp 1,5 miliar. Uang ini berasal dari pengembalian Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atau kelebihan bayar dari temuan audit BPKP Bengkulu maupun tindaklanjut laporan pengaduan warga ke Aparat Penegak Hukum (APH).

Inspektur Daerah (Ipda) Kabupaten BS, Diah Winarsih, SH, didampingi Sekretaris Insepktorat Kabupaten BS, Asih Kadarinah, M.Pd mengatakan dalam tempo 4  bulan Inspektorat BS menindaklanjuti laporan pengaduan warga maupun temuan BPKP Bengkulu, ada pengembalian uang sekitar Rp 1,5 miliar dari 4 desa. Yaitu Desa Manggul Kecamatan Manna, Lubuk Ladung Kecamatan Kedurang Ilir, Air Umban, dan Keban Agung 3 Kecamatan Kedurang.

“Ada temuan BPKP langsung, dan ada juga yang pelimpahan dari APH. Alhamudulillah semuanya ada itikad baik untuk pengembalian TGR. Diserahkan langsung dari kades masing-masing, dan masuk ke kas desa lagi untuk dikelola kembali,” kata Diah.

Selain 4 desa tersebut, sambungnya, masih ada desa lainnya yakni Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya diaudit oleh inspektorat BS menindaklanjuti pelimpahan pengaduan dari Polres BS. Inspektorat masih menunggu niat baik dari kades untuk mengembalikan TGR, dan bila uang tersebut tidak dikembalikan oleh kades maka inspektorat bisa merekomendasikan kepada polres untuk melanjutkan proses hukumnya. Hal ini sesuai dengan MoU antara Kapolri dengan Mendagri, serta Mendes PDT dan Transmigrasi.

“Kedepan kita harapkan tidak ada lagi kades dilaporkan maupun temuan BPKP. Kades kita harapkan membelanjakan uang desa sesuai dengan aturan, dan untuk membangun desa serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa,” demikian Diah.(key)

Baca Juga ...

DPO Cabul Dibekuk

KOTA MANNA – Setelah hampir 2 tahun jadi dafar pencarian orang (DPO), tersangka persetubuhan terhadap ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.