Home / MUKOMUKO / 1.243 Ekor Sapi di IB

1.243 Ekor Sapi di IB

MUKOMUKO – Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko mengklaim, telah sukses melakukan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik, ribuan ekor sapi. Dari target 1.300 ekor sapi dilakukan IB dalam tahun 2018, sudah tercapai 1.243 ekor atau sekitar 95,62 persen dari yang ditargetkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Mukomuko.

‘’Sudah 1.243 ekor sapi yang berhasil dilakukan kawin suntik. Dengan waktu yang ada sekarang, kita optimis bisa tercapai 100 persen,” kata Kabid Peternakan Distan Mukomuko, Warsiman, S.Pt.

Untuk mencapai target tersebut hingga sekarang petugas kesehatan hewan di kecamatan-kecamatan masih melakukan pemeriksaan di lapangan, untuk mastikan ada sapi milik warga yang layak dilakukan IB. Karena belum seluruhnya sapi warga dilakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaan sapi dilakukan setiap kecamatan. Sekarang petugas di Kecamatan Pondok Suguh yang menyisir sampai ke Kecamatan Malin Deman rencananya,” papar Warsiman.

Ditambahkan, selain dari program IB, terdata ada 2.029 ekor sapi untuk saat ini dalam kondisi bunting. Jumlah tersebut, meningkat 100 persen lebih dari target yang ditetapkan pemerintah pusat. Dimana tahun ini Mukomuko ditarget 919 ekor sapi bunting.

‘’Untuk sapi bunting memang kita melebihi target yang ditetapkan pemerintah. Kalau melihat potensi di akhir tahun nanti jumlah sapi bunting bakal banyak lagi,’’ jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah sapi melahirkan, terdata hingga awal Juli sudah melahirkan sebanyak 368 ekor sapi. Ini baru 50 persen dari yang ditargetkan tahun ini, yakni ada 726 ekor sapi yang melahirkan. “Kami tetap optimis tercapai. Karena kalau melihat angka sapi yang bunting mencapai ribuan ekor,” pungkasnya.(hue)

Baca Juga ...

Kapal Terbalik, Dua ABK Selamat

MUKOMUKO –Satu unit kapal nelayan terbalik saat hendak masuk mulut muara Pantai Pasar Sebelah. Kapal ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.