Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / Lima Pasar Dapat Kucuran Rp 6,4 M

Lima Pasar Dapat Kucuran Rp 6,4 M

MUKOMUKO – Tahun 2018 sebanyak lima pasar di Kabupaten Mukomuko, bakal mendapat kucuran dana dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Tetapi bantuan itu bukan dalam bentuk dana melainkan pembangunan sarana dan prasarana khusus untuk pembangunan sanitasi.

“Total dananya Rp 6,4 miliar. Ini hasil dari pengajuan kita pada Kementerian Perdagangan,’’ kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mukomuko, A. Halim, SE, M.Si.

Pengajuan pembangunan sanitasi kepada Kemendag, karena masih banyak pasar di Mukomuko belum memiliki bangunan sanitasi. Seperti parit untuk pembuangan limbah pasar, MCK serta sarana fasilitas umum lainnya. ‘’Untuk tahap awal, ada lima pasar yang bakal dibangun sanitasinya,” kata Halim.

Lima pasar yang tersebut, yakni Pasar Desa Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto, Pasar di Kecamatan Sungai Rumbai, Pasar Desa Lubuk Mukti Kecamatan Penarik, Pasar Desa Talang Arah Kecamatan Malin Deman dan di Desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh.

Jika tak ada aral kendala teknis pembangunan sanitasi tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Karena, penandatanganan kontrak sudah berlangsung di Kemendag. Sekarang tinggal tunggu titik nol pembangunan.

‘’Kami masih menunggu titik nolnya saja. Informasinya, dalam waktu dekat tim dari Kementerian bakal datang ke Mukomuko. Tapi jadwal pasti belum tahu,” terang Halim.

Halim menambahkan bagi pasar yang belum punya bangunan sanitasi atau masih minim dengan pembangunan sanitasi, agar segera mengajukan proposal ke Disperindagkop dan UKM Mukomuko untuk diusulkan ke Kemendag.

‘’Silahkan ajukan proposal, mumpung sekarang masih ada waktu. Kalau proposal sudah ada, segera kami sampaikan ke pusat,” demikian Halim.(hue)

Baca Juga ...

Marjohan 2 Kali Penjabat Sekda

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, tahun ini sudah 2 kali lantik Penjabat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.