Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / 2 Pabrik Batasi Penerimaan TBS

2 Pabrik Batasi Penerimaan TBS

MUKOMUKO – Dua pabrik CPO di Kabupapten Mukomuko mulai memberlakukan kebijakan membatasi membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dari masyarakat. Yakni Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Surya Andalan Primatama (SAP) di Desa Talang Medan Kecamatan Selagan Raya, dan PMKS PT. Karya Agro Sawitindo (KAS) Desa Pernyah Kecamatan Teramang Jaya.

Dalam pengumumannya, PT. SAP menyatakan tertanggal 12 Juli 2018, tidak menerima TBS. Namun kembali menerima TBS pada 13 Juli 2018. Tanggal 11 Juli akan dibatasi menerima TBS sampai pukul 18.00 WIB. Sisa antrean truk bermuatan TBS 11 Juli akan dibongkar tanggal 12 Juli.

Jadi pada tanggal 12 Juli tidak menerima TBS yang baru datang. Pasalnya, daya tampung tangki CPO hampir penuh dan kondisi asam yang tinggi berdampak pada pengiriman CPO menjadi terhambat.

Sedangkan PT. KAS mengeluarkan kebijakan, terhitung 11 Juli menerapkan pemotongan TBS sebesar 4,5 persen. Dan tak menerima TBS atau brondolan busuk. Kalau ditemukan siap dikembalikan. Langkah tersebut, karena kadar asam produksi yang mulai meninggi.

Menyikapi masalah ini serta rendahnya harga TBS Bupati Mukomuko Choirul Huda, SH mengatakan sudah menghubungi sejumlah pengusaha pabrik CPO dan menghubungi langsung orang-orang tertentu yang ada di Jakarta. Ini terkait rendahnya pabrik membeli TBS masyarakat. ‘’Saya secara   langsung menelpon orang-orang itu di Jakarta,” terang bupati.

Bupati telah meminta harga TBS tidak kembali turun dan minta bisa stabil. “Saya sudah sampaikan tolong jangan dibebankan seluruhnya [ada masyarakat. Sehingga harga sawit turun,” demikian bupati.(hue)

Baca Juga ...

Marjohan 2 Kali Penjabat Sekda

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, tahun ini sudah 2 kali lantik Penjabat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.