Minggu , 23 September 2018
Home / METROPOLIS / KEK Tunggu Kajian PT.Pelindo

KEK Tunggu Kajian PT.Pelindo

BENGKULU – Usulan Pemprov Bengkulu ke Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk menjadikan kawasan Pelabuhan Pulau Baai sebagai KEK di Bengkulu masih dalam proses. Di satu sisi pemprov masih belum melengkapi persyaratan, di sisi lain rencana KEK ini masih menunggu kajian secara ekonomi oleh pihak PT.Pelindo.

Karo Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Bengkulu Dr. Anzori Tawakal, ST, M.Si mengatakan bahwa pemprov dan pemkot sifatnya hanya sebagai penyampai rekomendasi ke Dewan Nasional KEK di pusat serta melengkapi persyaratan. Sedangkan PT.Pelindo juga perlu melakukan pengkajian secara ekonomi.

“Sekarang sedang diproses kajian secara ekonomi yang sedang digarap oleh PT.Pelindo sebagai pengusung. Pemprov hanya sebagai perekomendasi supaya bisa menjadi pertimbangan dewan KEK. Dari 17 persyaratan tinggal 2 saja yang masih diproses, yakni finalisasi dokumen amdal dan masterplan serta uji kelayakan,” ujar Anzori.

Anzori optimis setelah semua persyaratan lengkap dan sudah dilakukan pengkajian secara ekonomi dan uji kelayakan, dewan nasional KEK akan mengakomodir atau menyetujui untuk meresmikan kawasan Pulau Baai menjadi KEK.

“Kita ketahui pelabuhan ini salah satu pendukung utama dari bergeraknya roda perekonomian daerah. Kalau KEK ini terealisasi Insya Allah daya saing daerah kita akan cepat meningkat,” kata Anzori.

Saat launching nanti, sambung Anzori rencananya Presiden RI Ir.Joko Widodo akan datang langsung. “Memang kabarnya pak Jokowi datang. Namun sebelum launching akan dilaksanakan seminar nasional dulu di Jakarta untuk meyakinkan kepada calon investor bahwa Bengkulu ini memang daerah yang layak untuk investasi. Tinggal lagi strategi promosi kita untuk meyakinkan calon investor itu,” jelas Anzori.

Sebelumnya, lokasi pelabuhan yang akan dijadikan KEK sudah ditinjau langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Ir Airlangga Hartarto MBA MMT berpendapat bahwa setelah melihat dari lokasi dan potensi yang ada di sana (pulau Baai), dia sangat optimis pekonomian di Bengkulu akan meningkat drastis bila sudah diresmikan menjadi kawasan ekonomi kreatif.(tew)

Baca Juga ...

Darurat Tempat Pembuangan Sampah

BENGKULU – Kurun waktu enam bulan ini, sampah yang menumpuk di tengah median Jalan Hibrida ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.