Rabu , 26 September 2018
Home / CURUP / Syarat PPDB – Pindah KK, Dukcapil Tak Bisa Larang Warga

Syarat PPDB – Pindah KK, Dukcapil Tak Bisa Larang Warga

CURUP – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menegaskan tidak ada istilah rekayasa Kartu Keluarga (KK) atau KK palsu. Karena pengurus KK dilakukan dengan registrasi dan tercatat secatar onlien. Tanggal dan tahun penerbitan KK juga sesuai dengan tanggal, bulan serta tahun KK tersebut diterbitkan.

Ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil RL H. Bakrim Hanafiah, SH kepada RB di ruang kerjanya kemarin. ‘’Tidak ada istilah merekayasa KK dan Dinas Dukcapil tidak bisa melarang warga membuat KK baru atau menambah anggota dalam KK mereka. Termasuk jika kepentingannya untuk persyaratan PPDB yang belakangan dipersoalkan masyarakat,’’ tegas Bakrim.

Apalagi, terang Bakrim, jika persyaratan secara administrasi sudah dipenuhi, pengurusan KK pasti diproses oleh mereka. Karena penerbitan KK diproses sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan, seperti surat keterangan dan sebagainya. Tanggal terbit KK itu sendiri, juga tidak bisa dihitung mundur karena data dimasukan dalam aplikasi online.

‘’Jadi kalaupun ada yang mengubah KK mereka untuk kepentingan PPDB dan baru dibuat dalam kurun waktu dibawah 6 bulan saat PPDB, jelas tidak bisa digunakan. Karena syaratnya KK yang digunakan minimal berumur 6 bulan. Jadi pihak sekolah pasti meneliti hal tersebut sebagai persyaratan. Kami berharap jangan sampai ada kesan masyarakat menyalahkan dukcapil soal KK tersebut,” imbuh Bakrim.(dtk)

Baca Juga ...

Realisasi Perbaikan Jalan Mendesak

CURUP – Meskipun sudah memasuki akhir bulan September 2018, namun warga dan pengendara yang melintasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.