Minggu , 23 September 2018
Home / METROPOLIS / Uang Bikin Pasport CJH Dikembalikan

Uang Bikin Pasport CJH Dikembalikan

BENGKULU – Uang pembuatan pasport 1.641 calon jemaah haji (CJH) Bengkulu akan dikembalikan ketika pendistribusian pasport dilakukan di Asrama Haji nanti. Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar. MS, M.Pd melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan, M.HI diamini Kasubbag Inmas Roly Gunawan, M.HI.

Besaran uang yang dikembalikan tersebut Rp 355 ribu. Setiap CJH nanti akan mendapatkan uang pengembalian biaya pembuatan pasport ini. “Jadi kemarin pembuatan pasport ini memakai uang jemaah dulu. Jadi ini akan dikembalikan setelah jemaah masuk ke asrama. Termasuk juga pendistribusian pasport juga saat jamaah masuk ke asrama,” kata Ramlan.

Ramlan mengatakan pembuatan pasport untuk Provinsi Bengkulu  berjalan  dengan lancar. Saat ini tiga kloter penerbangan Bengkulu, yakni kloter enam, tujuh dan sembilan seluruh pasport dan visa CJHnya sudah selesai semuanya. Tinggal dua kloter lagi yang pasport dan juga visanya tengah dalam proses pembuatan, yakni kloter delapan dan sepuluh.

Namun dia memastikan, sebelum  tanggal 22 Juli nanti, seluruh pasport tersebut sudah selesai dan siap dibagikan ke CJH. “Jadi kita optimis, untuk visa ini tahun ini Kota Bengkulu tercepat. Jadi lebih cepat dari tahun lalu selesainya. Jadi kita optimis tidak ada kendala dengan pasport. Kalau tidak ada pasport ya tidak bisa berangkat,” katanya.

Dia menjelaskan, sejauh ini ada 14 CJH Bengkulu yang mutasi ke CJH provinsi lain. Ini lantaran 14 CJH itu sudah pindah alamat lantaran pindah kerja atau pindah rumah. Namun mereka telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). Hal seperti ini diperbolehkan, karena tidak mengurangi kuota nasional. Provinsi Bengkulu juga boleh menerima jemaah mutasi dari luar daerah tersebut. “Jadi ini bukan kasus, karena ini memang diperbolehkan. Namanya mutasi saja,” katanya.

Dia juga menjelaskan, bahwa tas CJH yang sudah lama didistribusikan ke daerah itu harus dibawa ke asrama haji H-2 sebelum pemberangkatan. “Ya jadi setelah jemaah masuk ke asrama, diserahkan uang living cost, kemudian uang pengganti pasport itu juga. Untuk living cost uangnya real kalau uang pengganti pasport dikembalikan dalam bentuk rupiah,” tutupnya.(del)

Baca Juga ...

Darurat Tempat Pembuangan Sampah

BENGKULU – Kurun waktu enam bulan ini, sampah yang menumpuk di tengah median Jalan Hibrida ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.