Rabu , 26 September 2018
Home / CURUP / Coret Bacaleg ‘Tabrak’ PKPU

Coret Bacaleg ‘Tabrak’ PKPU

CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak akan mempersoalkan jika nanti masih ada partai politik (parpol) yang mengajukan bacaleg ‘tabrak’ PKPU Nomor 20 tahun 2018 yang salah satunya soal larangan 3 mantan terpidana menjadi caleg pada Pemilu 2019 mendatang. Masing-masing mantan terpidana Bandar Narkoba, Mantan Terpidana kejahatan seksual terhadap anak dan mantan terpidana korupsi.

Dimana dari catatan Polres RL, diketahui setidaknya sudah ada 6 mantan terpidana korupsi yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dimana pengurusan SKCK tersebut untuk digunakan sebagai salah satu syarat menjadi Bacaleg di Parpol tempat mereka mendaftar sebagai Bacaleg.

Namun begitu, Ketua KPU Kabupaten RL Drs. Restu S. Wibowo yang dikonfirmasi RB, memastikan akan mencoret nama-nama yang diajukan Parpol sebagai bacaleg yang memang tidak memenuhi syarat. Termasuk terkait dengan aturan PKPU Nomor 20 tahun 2018. ‘’Aturannya sudah jelas dalam surat yang kami umumkan dan juga dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018. Kalau tetap diajukan (Bacaleg ‘tabrak’ PKPU, red) ya tidak masalah, tapi resikonya, pastik kita coret namanya nanti,’’ tegas Restu.

Sementara itu, aktivis perempuan Rejang Lebong Hj. Mardiani mengaku sangat mendukung PKPU Nomor 20 tahun 2018 yang dijadikan syarat untuk Bacaleg. Terutama larangan bagi terpidana kasus kejahatan seksual terhadap anak. ‘’Apalagi kami sebagai aktivis perlindungan perempuan dan anak sangat mendukung PKPU tersebut,’’ ucap Bukde sapaan akrabnya ini.

Karena, tambah Mardiani, mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak tidak layak dijadikan wakil rakyat, juga sebagai pelajaran untuk masyarakat. Serta efek jera bagi pelakunya yang seumur hidup bisa saja tidak bisa mendapatkan hak dipilih sebagai wakil rakyat. ‘’Dan ini pelajaran untuk seluruh masyarakat, jangan sampai tega melakukan kejahatan, terutama kejahatan seksual terhadap anak,’’ imbuh Bukde.(dtk)

Baca Juga ...

Realisasi Perbaikan Jalan Mendesak

CURUP – Meskipun sudah memasuki akhir bulan September 2018, namun warga dan pengendara yang melintasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.