Rabu , 26 September 2018
Home / METROPOLIS / Ini Jadwal Keberangkatan CJH Bengkulu

Ini Jadwal Keberangkatan CJH Bengkulu

ASRAMA HAJI: Mulai tanggal 22 Juli nanti, CJH asal Provinsi Bengkulu mulai masuk ke Asrama Haji sebelum diterbangkan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan dilanjutkan ke Madinah.

BENGKULU – Jadwal keberangkatan 1.647 calon jemaah haji (CJH) asal Provinsi Bengkulu semakin dekat. Keberangkatan pertama akan dimulai Minggu (22/7) mendatang. Yakni CJH asal Kota Bengkulu sebanyak 290 orang dan Lebong sebanyak 92 orang ditambah CJH asal Kaur sebanyak 2 orang.

Dijadwalkan, CJH yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 Padang, Sumatera Barat tersebut akan masuk ke Asrama Haji pukul 07.00 WIB. Setelah mendapatkan pembekalan, pembagian living cost, pasport, gelang identitas serta kebutuhan lainnya, mereka akan diberangkatkan dari Bandara Antara Fatmawati ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 22.30 WIB untuk penerbangan pertama.

Kemudian diikuti dengan penerbangan kedua pukul 23.00 WIB. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar. MS, M.Pd melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan, M.Hi diamini Kasubbag Inmas Roly Gunawan, M.Hi mengatakan, setibanya di Padang CJH akan istirahat sebentar di BIM sembari menunggu penerbangan ke Madinah.

“Kemudian besok subuhnya sekitar pukul 04.05 WIB  CJH ini diberangkatkan ke Madinah menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 3306,” kata Roly.

Dia menjelaskan, berikutnya Senin (23/7) giliran kloter 7 yang masuk ke Asrama Haji Bengkulu. Terdiri dari 171 CJH asal Seluma, kemudian 103 CJH asal Kaur dan 106 CJH asal Kepahiang. Mereka akan istirahat selama sehari di Asrama Haji. Kemudian sekitar pukul 01.30 WIB dan 02.00 WIB ke esokan harinya (24/7) 387 CJH tersebut diberangkatkan ke BIM. Kemudian dilanjutkan penerbangan ke Madinah pukul 06.55 WIB hari itu juga.

“Setelah itu dihari yang sama, (24/7) kloter 8 yang terdiri dari 22 orang CJH asal Kota Bengkulu, kemudian 128 CJH asal Bengkulu Selatan, dan 233 CJH asal Rejang Lebong, ditambah dengan 1 CJH asal Kaur, 1 CJH asal Kepahiang dan 1 CJH asal Lebong dengan total CJH sebanyak 393 orang masuk asrama haji Bengkulu untuk menunggu pemberangkatan,” ujarnya.

Mereka kemudian diberangkatkan dari Bandara Fatmawati Bengkulu (25/7) pukul 01.30 WIB dan 02.00 WIB ke BIM. Dari BIM diberangkatkan ke Madinah pukul 06.00 WIB di hari itu juga. Selanjutnya CJH Kloter 9 (25/7) pukul 07.00 WIB masuk asrama haji Bengkulu. Terdiri dari 201 CJH asal Bengkulu Utara, kemudian 173 CJH asal Mukomuko, dan 11 CJH asal Bengkulu Tengah.

Mereka diberangkatkan ke BIM (26/7) dini hari dengan dua kali penerbangan. Setelah tiba di BIM langsung diberangkatkan ke Madinah pukul 06.05 WIB. “Terakhir pada (26/7) giliran CJH asal Benteng sebanyak 81 orang masuk asrama haji. Mereka diberangkatkan ke BIM (27/7) pukul 02.00 WIB. Setelah sampai di BIM menunggu sebentar kemudian berangkat ke Madinah pukul 06.00 WIB,” terangnya.

Ditambahkan oleh Ramlan, bahwa CJH akan diberikan uang saku. Namun boleh menambah uang pribadi sesuai dengan keperluan di sana. Namun dia menyarankan supaya tidak berlebih-lebihan. “Kalau membawa uang pribadi itu kan tergantung dengan kemampuan individu masing-masing. Ya namanya juga berhaji, kita harapkan jemaah fokus untuk melaksanakan ibadah. Sehingga bisa menunaikan seluruh rukun dan syarat haji nantinya,” katanya.

Dalam artian, tidak ada batasan bagi CJH untuk membawa uang ke tanah suci. “Namun sebaiknya tidak berlebih-lebihan,” tutupnya.(del)

Baca Juga ...

Pengurusan Adminduk Membludak

BENGKULU – Memasuki masa pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sejumlah calon peserta mulai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.