Rabu , 26 September 2018
Home / BERITA UTAMA / Pertarungan Wajah Lama di Bursa Bacaleg DPR RI

Pertarungan Wajah Lama di Bursa Bacaleg DPR RI

BENGKULU – Perebutan kursi anggota DPR RI daerah pemilihan Bengkulu dipastikan berlangsung sengit. Pileg tahun 2019 ini didominasi para “wajah lama” atau politisi yang sudah cukup mengakar di percaturan perpolitikan Bumi Rafflesia.

Seperti di Partai Golkar ada senator M Saleh dan mantan Anggota DPR RI Rully Chairul Anwar. Ada pula nama Trisna Anggraini, Ketua IWAPI Bengkulu juga bakal maju melalui partai berlambang pohon beringin tersebut.

Di Partai Amanat Nasional (PAN) seperti juga masih menjagokan incumbent, Dewi Coryati. Serta mantan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang juga mantan Cabup Kaur, Yennita Fitriani. Di internal PAN, muncul juga pendatang baru di percaturan politik Bengkulu yakni Benny Suharto. Meski belum begitu dikenal, namun Benny dikabarkan sudah lama bergerak dan mempersiapkan pencalonan.

“Untuk caleg DPR RI, kami sudah siap. Ada tujuh nama, nanti DPP PAN yang akan memutuskan. Kami optimis kembali mendapat satu kursi dapil Provinsi Bengkulu,” kata Sekretaris Komite Pemenangan Pemilu Wilayah  (KPPW) PAN Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.Si, kemarin.

Begitupun dengan Partai Gerindra tetap mendorong incumbent Susy Marleni Bachsin maju dalam pencalonan DPR RI. Nama lainnya ada nama Heri Budianto yang merupakan pengamat politik nasional. Gerindra sepertinya juga memberi kejutan dengan memajukan pendatang baru, yakni dr. Lia Lastaria. Keponakan mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin itu juga diperhitungkan.

Menariknya lagi Wakil Bendahara DPP PKB, Hj. Leny Haryati John Latief ternyata akan maju menggunakan Partai NasDem. Bahkan komunikasi intens ini terus dilakukan Leny di DPP NasDem. Nama Leny sudah dikenal masyarakat Kota Bengkulu, karena pernah duduk di DPRD Kota dan maju dalam Pilwakot tahun 2012.  Selain Leny, juga ada incumbent dr. Anarulita Mochtar. Partai Nasdem juga menghadirkan pendatang baru, Michael Ferry Ramli yang merupakan putra Bupati Bengkulu Tengah (Benteng).

Sekretaris DPW Partai NasDem Bengkulu, Hj. Erna Sari Dewi, SE mengungkapkan, Partai NasDem baru akan mendaftarkan pada tanggal 16 Juli mendatang. Namun untuk nama-nama bakal caleg DPR masih digodok oleh DPP NasDem.  “Ya memang ada nama ibu Leny yang akan maju DPR RI dari NasDem. Selain ibu Leny juga ada ibu Anarulita, serta Wismen, dan Michael. Namun dari kesemua nama itu masih digodok ditingkat pusat. Yang jelas kalau caleg DPR itu wewenangnya ada di DPP,” terang Erna saat dihubungi kemarin.

Menurut Erna, pihaknya yakin bahwa dalam pemilu 2019 mendatang masih tetap mempertahankan kursi DPR RI. Sebab saat ini NasDem terus melakukan konslidasi seluruh kader dan simpatisan di tiap kabupaten/kota. “Kita yakin NasDem dalam pemilu ini nanti akan tetap mendapatkan kursi DPR. Dan kita juga menargetkan di setiap provinsi, kabupaten/kota mendapatkan kursi pimpinan DPRD,” beber Erna.

Saat dikonfirmasi Leny Haryati John Latief mengaku, memang dirinya dipinang oleh NasDem untuk maju sebagai calon Anggota DPR RI. “Ya benar. Kita lihat saja perkembanganya nanti. Mudah-mudahan yang terbaik. Dan insya allah kita bisa mendapatkan kursi DPR RI tersebut,” kata Leny saat dihubungi.

Selanjutnya PDI-Perjuangan yang sebelumnya merupakan parpol pemenang pemilu, dalam pemilu 2019 mendatang, calon Anggota DPR RI Dapil Bengkulu masih tetap di siapkan calon incumbent Hj. Elva Hartati, kemudian ada nama Ihsan Fajri yang merupakan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu dari PDI-Perjuangan.

Sedangkan Partai Demokrat sendiri dari penelusuran RB, akan menjagokan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bengkulu Suhartono untuk maju dalam pencalonan DPR RI. Infonya juga akan kembali maju mantan anggota DPR RI, Dian Syakhroza.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon mengungkapkan, untuk calon Anggota DPR itu wewenangnya ada di DPP Demokrat. “Ada muncul beberapa nama yang akan maju itu seperti pak Suhartono. Tapi kita belum tahu juga finalnya bagaimana. Sebab yang menentukan itu ada di DPP. Yang jelas kalau kita sektornya tingkat provinsi, kabupaten/kota. Insya Allah besok (hari ini) Demokrat akan mendaftar bacaleg ke KPU,” singkat Edison yang mengaku masih berada di Jakarta.

Menteri Calon DPR  RI Dapil Bengkulu

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bengkulu, Herliardo mengatakan, untuk calon Anggota DPR RI dari PKB telah menyiapkan nama yang akan siap bertarung dalam pemilu 2019.  “Sedangkan terkait soal isu ibu Leny tidak jadi pencalonan DPR dari PKB. Kita juga ada nama lain yakni  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Jokowi, Bapak Eko Putro Sanjoyo yang akan maju Dapil Bengkulu. Serta ada juga nama Dendi dan ibu Lidya. Dan target kita tentu satu kursi DPR RI. Sebab kalau berkaca dari pemilu 2014 lalu, kita peringkat keenam dan tidak begitu jauh perolehan suara dengan kursi keempat,” terang Herliardo.

Ketua Bidang Politik Wahana Muda Indonesia (WMI) Bengkulu, Rahmat mengatakan pendatang baru mesti ekstra kerja keras agar bisa memenangkan Pileg DPR RI. “Pendatang baru ini belum menonjol. Perlu kerja keras, terutama dalam meningkatkan popularitas dan elektabilitas. Diantaranya mellaui media massa yang efektif,” kata Rahmat.

Pengamat Ilmu Sosial Politik dan Komunikasi Universitas Bengkulu (Unib), Drs. Heri Supriyanto, MSi menilai, ketika sudah duduk Anggota DPR harus membuktikan bahwa wakil rakyat dapil Bengkulu yang berada di Senayan benar-benar bekerja untuk rakyatnya. Ia mengatakan, maka harus bisa memberikan kontribusi nyata bagi Provinsi Bengkulu. Misalnya bisa mendatangkan anggaran pembangunan besar buat daerah ini.

“Selama ini bisa dirasakan sendiri, Bengkulu sering kesulitan mendapatkan anggaran pembangunan yang besar dari APBN. Seharusnya dengan adanya wakil rakyat kita, ada kontribusi yang baik demi kemajuan daerah ini kedepannya,” paparnya.

Heri mengatakan pada Pemilu 2019 mendatang tentunya masyarakat menginginkan agar bisa menghasilkan wakil rakyat dipusat yang bisa benar-benar memberikan kontribusi yang baik dan nyata bagi daerah. “Harapan rakyat sangat besar terhadap wakilnya di legislatif,” ujarnya.(new)

Baca Juga ...

Universitas Terbuka Bengkulu Luluskan 500 Wisudawa

BENGKULU– Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka ( UPBJJ-UT ) gelar penyerahan ijazah dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.