Rabu , 26 September 2018
Home / METROPOLIS / Rawan Bencana, SDM dan Peralatan Kurang

Rawan Bencana, SDM dan Peralatan Kurang

MEMERIKSA : Plt Gubernur Bengkulu, Dr. drh Rohidin Mersyah, MMA didampingi Deputi BNPB,

BENGKULU – Dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu ke50, kemarin (13/7) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Bengkulu menggelar pameran peralatan penanggulangan bencana. Kegiatan yang dipusatkan di Sport Centre tersebut, dibuka langsung Plt Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah, MMA dihadiri juga Deputi Logistik dan Perbekalan BNPB pusat, Rudi Phamanto.

Dalam sambutanya dihadapan personil BNPB Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan Bengkulu mempunyai potensi bencana yang cukup besar. Sementara kemampuan peralatan yang di miliki provinsi saat masih kurang dan juga SDM yang masih kurang memadai. Untuk itu fungsi koordinasi dan peralatan yang ada harus dimaksimalkan.

“Namun saya sudah mengusulkan ke pusat untuk penambahan peralatan dari BNPB serta stok pangan. Kita sama-sama berharap agar usulan itu segera di berikan,”Terang Rohidin.

Rohidin  menyampaikan 3 fungsi sistem strategis pelaksanaan penanggulangan penanganan, yakni fungsi Komando, Koordinatif, dan Penanganan. Dimana dengan ketiga fungsi ini dibutuhkan system yang handal baik dari sisi komunikasi jaringan kerja kemudian dibutuhkan juga SDM yang handal serta terampil. Selain itu dibutuhkan juga peralatan yang memadai untuk kepetingan dari BNPB agar kerja maksimal.

Ditambahkan Rohidin, peran dari semua pihak sangat dibutuhkan. Karena fungsi yang disampaikan tersebut tidak akan efektif dan produktif tanpa adanya dukungan dari elemen penyelenggara pemerintahan, serta aparat penegak hukum, pelaku usaha, dan pastinya masyarakat luas yang harus menyiapkan diri untuk selalu siap siaga ketika bencana terjadi.

Dalam kesempatannya itu Rohidin turut mengecek semua peralatan milik BNPB, didampingi Deputi Logistik dan Peralatan BNPB, Rudi Phamanto, Danalanal Bengkulu, Letkol (P), Agus Izudin, ST, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun, M.Pd, Kepala BPBD Provinsi Bengkulu Soemarno, dan pejabat lainnya. (cw1)

Baca Juga ...

Pengurusan Adminduk Membludak

BENGKULU – Memasuki masa pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sejumlah calon peserta mulai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.