Selasa , 14 Agustus 2018
Home / CURUP / Bunga Bangkai Mekar di Rimbo Recap

Bunga Bangkai Mekar di Rimbo Recap

MEKAR : Bunga Bangkai yang mekar di lahan milik Suparman Dahlan (63) di Dusun III Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan.

CURUP SELATAN – Wilayah Kecamatan Curup Selatan khususnya Dusun III Desa Rimbo Recap sejak beberapa hari belakangan ramai di kunjungi warga. Ini lantaran, di lahan salah satu warga mereka, Suparman Dahlan (63) tumbuh mekar dengan subur flora langka jenis Amorphophallus Titanium atau yang sering disebut Bunga Kibut alias Bunga Bangkai.

Untuk melihat bunga setinggi sekitar 3 Meter tersebut, warga harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Curup. Aksesnya bisa dengan motor maupun mobil dan warga tidak perlu membayar jika ingin melihat bunga tersebut. Namun pemilik lahan hanya berharap pengunjung bisa sama-sama menjaga kelestarian Bunga Langka tersebut.

Diceritakan Suparman, Bunga Bangkai yang biasa orang rejang menyebutnya Bunga Sekedai ini, memang hampir setipa tahun tumbuh subur dan mekar di lahan miliknya tersebut. ‘’Bunga Bangkai ini sudah kami temukan mekar di lokasi ini sejak tahun delapan puluhan dan setiap tahun mekar. Mekarnya juga antara Juli hingga Agustus disetiap tahunnya,’’ terang Suparman.

Ditambahkan Suparman, dari cerita orang tua dulu, memang sejak zaman penjajahan diceritakan Bunga Kibut sering kedapatan tumbuh dan mekar di makam. Dan hal inilah yang mungki dipercaya mengapa bunga tersebut mengeluarkan aroma busuk menyerupai bau bangkai. Sehingga bunga langka tersebut juga disebut sebagai bunga bangkai. ‘’Kalau orang Rejang menyebutnya Bunga Sekedai. Dan memang ada cerita sejak zaman dulu, kalau bunga ini sering ditemukan di pemakaman, makanya sering disebut bungai bangkai, lantaran aromanya yang seperti bau bangkai,’’ imbuh Suparman.(dtk)

Baca Juga ...

Tunggu Pelaksanaan Puncak Haji

CURUP – Sebanyak 235 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang tergabung ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.