Selasa , 14 Agustus 2018
Home / CURUP / Bup Hijazi Launching Bantuan Perumahan RL

Bup Hijazi Launching Bantuan Perumahan RL

SERAHKAN: Bupati Hijazi didamping Kadis PUPRPKP RL Yusran Fauzi menyerahkan secara simbolis nilai bantuan perumahan kepada penerima bantuan.

BUR – Bupati Rejang Lebong (RL) Dr. H. Ahmad Hijazi, Sh, M.Si Rabu (8/8) pagi secara resmi membuka kegiatan Launching dan Peresmian Pelaksanaan Bantuan Bidang Perumahan Kabupaten RL 2018. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Sumberejo Transad Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR). Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten RL Yusran Fauzi, ST dan jajarannya.

Selain itu, kegiatan juga dihadiri kepala keluarga (KK) penerima bantuan bidang perumahan tahun 2018, serta perwakilan dari Provinsi Bengkulu dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab RL. Dalam kegiatan, juga dilaksanakan penyerahan proposal bantuan untuk pemerintah pusat. Serta penyerahan dana bantuan kepada penerima secara simbolis untuk tahun 2018 oleh Bupati Hijazi kepada KK penerima bantuan.

Dijelaskan Bupati Hijazi, program bantuan tersebut merupakan salah satu upaya Kabupaten RL untuk membantu masyarakat, terutama di bidang perumahan. Melalui program Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). ‘’Ini upaya Pemkab melalui Dinas PUPRPKP yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat,’’ kata Bupati Hijazi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRPKP RL Yusran Fauzi, ST kepada RB menjelaskan, bantuan bidang perumahan bertujuan untuk peningkatan kwalitas rumah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dimana bantuan tersebut merupakan usulan Oemkab RL ke pemerintah pusat yang sudah dilaksanakan sejak 2017 lalu.

Ada dua kegiatan, jelas Yusran, masing-masing program BRS yang sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan dan Permukiman. Serta program BSPS dari dana APBN melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu. ‘’Untuk tahun 2017, Rejang Lebong mendapatkan alokasi BRS sebanyak 510 penerima yang tersebar di 21 desa kelurahan dalam 3 kecamatan. Masing-masing Kecamatan Curup, Kecamatan Curup Tengah dan Kecamatan Curup Utara. Untuk tahun 2018 sendiri Rejang Lebong mendapatkan 371 penerima bantuan yang tersebar di 15 desa/kelurahan dalam Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Curup Selatan,’’ terang Yusran.

Sedangkan untuk BSPS sendiri, sambung Yusran, tahun 2017 lalu Rejang Lebong memperoleh 232 penerima yang berada di wilayah Kecamatan Bermani Ulu. Sedangkan penerima tahun 2018 mencapai 286 penerima yang tersebut di lima desa dalam wilayah Kecamatan BUR. Masing-masing Desa Bandung Marga, Pal VIII, Pal VII, Air Bening dan Desa Sumberejo Transad.

‘’Jadi total keseluruhan penerima bantuan perumahan melalui program pemerintah tersebut, tahun 2017 mencapai 742 penerima bantuan dan tahun 2018 mencapai 657 penerima bantuan. Namun saat ini kita masih menunggu proses tambahan yang jumlahnya mencapai 250 penerima bantuan,’’ demikian Yusran.(dtk)

Baca Juga ...

Tunggu Pelaksanaan Puncak Haji

CURUP – Sebanyak 235 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang tergabung ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.