Selasa , 16 Oktober 2018
Home / METROPOLIS / Kebaikan di Bulan Haram H. Syahrul Azwar, Lc

Kebaikan di Bulan Haram H. Syahrul Azwar, Lc

H. Syahrul Azwar, Lc

BULAN Dzulqa’dah dan 2 bulan ke depan (Dzulhijjah dan Muharram) adalah termasuk dalam rangkaian hari-hari mulia yang juga disebut dengan “bulan-bulan haram”. Umat Islam pada umumnya masih banyak yang belum mengetahui syariat “bulan-bulan haram” ini.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)

Begitu pula di dalam QS Al-Baqarah: 193 dan QS Al-Baqarah 217 Allah SWT juga menyinggung dan menyebutkan keberadaaan syariat “bulan-bulan haram” ini secara begitu jelas.

“Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi terpiasah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Dan adapun diantara hikmah yang mungkin bisa dipetik dari pemberlakuan kehormatan “bulan-bulan haram” ini adalah bahwa Allah SWT ingin agar manusia bisa menahan diri untuk tidak melakukan tindak kezaliman dan kejahatan agar tercipta suasana damai di permukaan bumi.(cw1) 

Baca Juga ...

Duta GenRe Ciptakan Tokoh Representatif Gegen dan Rere

Menyebarkan Virus Generasi Berencana Lewat Komik Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengedukasi masyarakat. Edukasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.