Rabu , 26 September 2018
Home / BENGKULU UTARA / Longsor, Timbun Kawasan Bendungan Sengkuang

Longsor, Timbun Kawasan Bendungan Sengkuang

ARGA MAKMUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Utara (BU) akan melakukan penimbunan di kawasan Bendungan Sengkuang Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP). Hal itu untuk mengantisipasi longsor akibat hempasan air yang makin meluas akibat tidak tuntasnya pembangunan bendungan.

Kadis PUPR BU, Heru Susanto, ST mengatakan saat ini air ke sudah mengaliri ke sawah-sawah warga dan sudah lebih maksimal, meskipun bangunan bendungan belum selesai. “Air sudah masuk ke sawah-sawah warga. Namun memang saat air besar kerap terjadi longsor karena menghantam lahan perkebunan warga di pinggir sungai,” terang Heru.

Hanya saja, untuk saat ini Dinas PUPR tidak bisa mengambil tindakan karena proyek tersebut masih dalam masa audit penghitungan jumlah fisik. Sehingga jika dilakukan penimbunan agar air tidak menghantam lahan warga, hal ini akan menyulitkan tim audit dalam menghitung jumlah pembangunan fisik.

“Kita sudah melihat dan akan kita pasang bendungan kecil untuk mengarahkan air jika terjadi hujan di depan lahan-lahan warga di pinggir sungai,” ujarnya.

Audit dari tim ahli diperkirakan akan tuntas paling lambat September atau awal Oktober nanti. Hal ini terkait kewajiban pembayaran yang harus dilakukan Pemkab BU sesuai dengan jumlah fisik yang ada di lokasi. “Setelah audit dari ahli selesai, akan kita lakukan penimbunan menghindari abrasi di kebun warga makin meluas,” terangnya.(**)

Baca Juga ...

332 Ha Kebun Sawit Rp 8,3 M

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan segera mencairkan dana replanting atau penanaman kembali ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.