Rabu , 26 September 2018
Home / METROPOLIS / 58 Proyek Belum Dikerjakan

58 Proyek Belum Dikerjakan

DITINGKATKAN: Tahun ini, peningkatan jalan pantai panjang akan dilanjutkan dengan anggaran sebesar Rp 19,2 miliar dari APBD Provinsi Bengkulu.

BENGKULU – Tutup anggaran akhir tahun 2018 tinggal tiga bulan lagi. Kendati demikian, dari total 256 paket pengerjaan di OPD lingkungan Pemprov Bengkulu, masih ada 58 paket proyek lagi yang belum dikerjakan. Bahkan, diantara ke 58 paket proyek itu, ada yang baru persiapan akan dilelang.

Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Provinsi Bengkulu, Juni Irawati, MH membenarkan hal itu. Dikatakannya, anggaran tersebut ada di Dinas PUPR Provinsi Bengkulu. Namun, kendati sempat tersendat, saat ini perlahan-lahan paket proyek di Dinas PUPR sudah mulai proses lelang.

Dijelaskannya, di Dinas PUPR dari pagu anggaran berjumlah Rp 409,8 miliar, jumlah paket yang sudah masuk ke ULP sebanyak 118 paket. Selanjutnya yang masuk ke ULP sebanyak 84 paket yang sudah selesai proses lelang ada sebanyak 30 paket dan 4 paket lainnya masih dalam tahap persiapan.

Begitu juga dengan beberapa paket lainnya yang ada di OPD di lingkungan Pemprov Bengkulu juga sudah cukup banyak yang masuk proses di ULP. Totalnya, dari pagu anggaran Rp 644,5 miliar untuk 256 paket, sebanyak 195 paket sudah selesai lelang, 40 paket masih dalam proses lelang, dan 18 paket masih dalam persiapan, dan hanya 3 paket yang gagal lelang.

Beberapa paket pekerjaan dalam kota yang nilainya cukup besar seperti proyek peningkatan jalan wisata Pantai Panjang yang nilainya mencapai Rp 19,2 miliar juga sudah selesai dilelang. Berkenaan apakah hal itu akan dapat selesai tepat waktu.

“Kalau memang pekerjaan tersebut sudah dilaksanakan dari sekarang ini, seharusnya bisa terkejar, dengan syarat penyedianya itu tidak menunggu, cukup peralatan dan bahannya memang tersedia,” ujar Juni.

Terkecuali, jika memang pihak penyedia tersebut menunggu pencairan uang muka dahulu baru mengerjakan atau meminjam peralatan. “Kalau memang perusahaannya profesional dan bonafit dengan waktu sekarang ini masih akan terkejar sampai dengan akhir tahun ini,” demikian Juni.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Provinsi, Jonaidi, SP mengatakan jika untuk pekerjaan yang jika dilihat waktunya masih bisa dilaksanakan untuk tetap dilaksanakan. “Namun jika memang pekerjaan yang tinggal menyisakan tiga bulan ini belum juga dilelang, kitapun pesimis akan selesai tepat waktu,” kata Jonaidi. (zie)

Baca Juga ...

Kembangkan Kasus Curat

CURUP – Satreskrim Polres Rejang Lebong (RL) terus berupaya mengungkap aksi 3C (curat, curas dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.