Rabu , 26 September 2018
Home / METROPOLIS / Ekspor UMKM Bisa Lewat Bengkulu

Ekspor UMKM Bisa Lewat Bengkulu

SOSIALISASI: Kepala Bea Cukai Bengkulu Indriya sedang membuka sosialisasi kemarin (13/9) di kantor Bea Cukai.

BENGKULU – Barang-barang pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selama ini banyak diekspor melalui daerah lain. Namun, tak lama lagi pelaku UMKM di Bengkulu, bisa mengekspor hasil usahanya melalui pos ekspor di Bengkulu. Hal itu tentu saja akan membuat biaya pengirimannya lebih murah.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Bengkulu , Indriya saat sosialisasi pos ekspor Bengkulu di Kantor KPPBC kemarin (13/9) pagi. Dijelaskannya, agar pelaku UMKM bisa tetap bertahan, disarankan tidak hanya menjual barang di dalam negeri namun bisa ke luar negeri.

Percontohan pos ekspor di daerah lain sudah ada, di Jogja dan Bandung, yang baru dilaunching tahun 2015. “Selama ini informasi kita dapatkan barang-barang pelaku UMKM yang ada di Bengkulu sudah sampai ke mancanegara tetapi tidak melalui Bengkulu,” Terang Indriya.

Dijelaskannya, ekspor yang dilakukan oleh pelaku UMKM tersebut melalui daerah lain seperti Lampung, Dumai dan Jakarta. “Solusi kita mereka harus ekspor lewat Bengkulu dengan kantor sebagai eksit point untuk para pegiat UMKM ini,”Ungkapnya.

Ditambahkannya lagi, dengan membentuk pos eksport yang ada di kantor POS maka pengiriman akan jauh lebih murah karena bisa dilihat sendiri ternyata biaya lewat pos itu jauh lebih murah dari perusahaan layanan sejenisnya. “Langkah ke depan setelah sosialisasi akan ada MoU bulan Oktober dan pelaksanaan pos ekspor sekitar awal tahun 2019,” ujarnya.(cw1)

Baca Juga ...

Kembangkan Kasus Curat

CURUP – Satreskrim Polres Rejang Lebong (RL) terus berupaya mengungkap aksi 3C (curat, curas dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.