Rabu , 26 September 2018
Home / BENGKULU UTARA / Janji DD Naik Rp 40 M

Janji DD Naik Rp 40 M

KUNJUNGAN: Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo didampingi Bupati BU, Ir. H. Mian saat berkunjung ke Padang Jaya, Kamis (13/9).

ARGA MAKMUR – Untuk kedua kalinya dalam dua bulan ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo kembali berkunjung ke Bengkulu Utara (BU). Kali ini kunjungannya ke Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi (BPPTP) Bengkulu di Desa Padang Jaya.

Eko mengatakan BU memiliki desa yang masih membutuhkan perhatian lebih. Untuk itu, ia memastikan akan menaikkan DD BU Rp 40 miliar sehingga dari Rp 146 miliar menjadi Rp 186 miliar tahun 2019. “Kita naikkan se Indonesia. Untuk BU minimal naik Rp 40 miliar,” janjinya.

Dia juga meminta Pemkab BU mengajukan khusus untuk daerah-daerah tertinggal. Berkaca dari kabupaaten lain, daerah tertinggal bisa mendapatkan alokasi DD khusus mencapai Rp 3-4 miliar per tahun dibandingkan desa berkembang atau desa maju. “Silakan diajukan. Kita memang fokus membangun desa dan tahun ini memang sudah sangat berhasil,” kata Eko.

Tak hanya itu, Eko juga tertarik melihat kawasan minapolitan Kecamatan Padang Jaya yang selama ini digunakan untuk pengembangbiakan ikan nila. Ia mengajukan agar ikan nila diganti dengan ikan patin yang saat ini tengah diminati pasar internasional. “Saya membawa manajer PT Prima yang merupakan pemilik gudang ikan patin terbesar di dunia. Ekspornya sudah di USA, Hawai dan Sungapura,” terangnya.

Penghasilan ikan patin lebih menjanjikan mencapai Rp 600 juta per haktarenya. Ia meminta tiap desa menentukan komuditas yang akan dikembangkan. “Saya akan minta perusahaan untuk melakukan pelatihan pada Dinas Perikanan yang bisa mengembangkan di desa-desa ini nantinya,” papar Eko.

Bupati BU Ir. H Mian mengatakan kunjungan Mendes PDTT ini akan membawa berkah bagi BU. Terutama kucuran dana untuk kawasan transmigrasi. Mian juga sudah beberapa kali bertemua dengan Eko terkait pengajuan program.      “Tentunya ini menjadi harapan kita untuk pembanguann desa yang lebih ketat lagi tahun-tahun berikutnya,” terangnya.

Mian menegaskan masih banyak objek pembangunan yang diharapkan bisa ditangani oleh Kementerian Desa, PDTT. Apalagi BU memiliki 215 desa yang kini mulai membangun dan membutuhkan kucuran dana dari kementerian. “Dengan naiknya kucuran DD, harapan kita pembangunan desa bertambah pesat. Apalagi kita memiliki kawasan khusus transmigrasi yang kini juga sudah mulai membangun,” pungkasnya.(qia)

Baca Juga ...

332 Ha Kebun Sawit Rp 8,3 M

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan segera mencairkan dana replanting atau penanaman kembali ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.