Rabu , 26 September 2018
Home / CURUP / Kasus DTT Dihentikan

Kasus DTT Dihentikan

CURUP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong (RL) akhirnya memberikan kesimpulan terhadap proses penyidikan Dana Tak Terduga (DTT) sebesar Rp 2,5 miliar di Sekretariat Kabupaten (Setkab) RL. Setelah melalui proses penyidikan cukup panjang, akhirnya kasus tersebut dinyatakan dihentikan penyidikannya.

Hal ini disampaikan langsung Kajari RL Edi Utama, SH, MH melalui Kasi Pidsus Agustian, SH, MH di ruang kerjanya kemarin. Karena dari hasil ekspose di BPKP, bahwa memang ditemukan tindakan melawan hukum secara formil. Hanya saja itu dinyatakan merupakan pelanggaran secara administrasi. Sedangkan secara delik materilnya, ini tidak bisa dikatakan sebagai kerugian negara.

Dijelaskan Agustian yang baru menjabat Kasi Pidsus Kejari RL beberapa minggu ini, pada saat kejaksaan ekspose di BPKP awal dulu, penyidik diminta untuk mencari fakta hukum secara materil. Hal ini agar kasus tersebut bisa dikatakan menimbul kerugian negara dan diantaranya dengan melakukan pemeriksaan hampir seluruh saksi penerima DTT. Termasuk mendalami dan memeriksa barang bukti yang ada dalam kasus tersebut.

”Setelah itu dilakukan (pemeriksaan saksi, red) maka kami beberapa waktu lalu kembali melakukan ekspose di BPKP untuk menyampaikan hasil penydidikan. Ternyata dari hasil ekspose kami di BPKP maka dinyatakan tidak ditemukan adanya kerugian keuangan daerah atau negara. Hanya berupa pelanggaran administrasi saja. Karena memang hasil penyidikan, tidak ditemukan adanya mark up atau fiktif. Semua kegiatannya memang benar-benar dilaksanakan atau direalisasikan,” demikian Agustian.(dtk)

Baca Juga ...

Dua Oknum Pemeras Jadi Tahanan Jaksa

CURUP – Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan dua oknum yang mengaku anggota Lembaga Swadaya Masyarakat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.