Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / Pilkades Serentak, 3 Istri ‘’Mengalah’’

Pilkades Serentak, 3 Istri ‘’Mengalah’’

MUKOMUKO – Tiga wanita tangguh berstatus sebagai istri maju menjadi calon kepala desa (Cakades) pada Pilkades serentak. Menariknya mereka menantang suaminya sendiri untuk mendapatkan dukungan menjadi kades.

Hasilnya, pada pemungutan suara 12 September 2018 tiga srikandi tersebut relah ‘’mengalah’’ demi sang suami. Ini dibenarkan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Saroni, SH.

Ini membuktikan, masyarakat masih mempercayakan suami mereka untuk menjadi pemimpin di desa tersebut selama enam tahun kedepan. Ketiga wanita itu, Cakades Sungai Jerinjing Kecamatan Selagan Raya, Siti Hardianti yang melawan suaminya Martunus.

Siti hanya meraih 26 suara, dari total daftar pemilih tetap (DPT) 383 mata pilih. Sedangkan suaminya unggul mutlak dengan mengantongi 282 suara.

Kemudian Cakades Pondok Baru, Kecamatan Teramang Jaya. Sang wanita tangguh Nova Hendrianto menantang suaminya M. Yumidayu. Di desa ini pertarungan terbilang sengit. Karena, sang istri berhasil meraih dukungan hingga 127 suara dari DPT 495 mata pilih.

Tapi perolehan itu tidak juga mampu menggeser suaminya yang notabene incumbent, M. Yumidayu meraih 206 suara. Walaupun jumlah mata pilih yang tidak menggunakan hak pilih juga terbilang banyak, mencapai 155 mata pilih.

“Terakhir Cakades Setia Budi Kecamatan Teras Terunjam. Yakni Risnawati harus melayani suaminya Jumadi. Tetapi pertarungan perebutan kursi kades ini tak hanya antara suami istri ini, tapi juga ada cakades lain. Dan tetap dimenangkan suaminya, Jumadi,” terang Saroni.

Diakui Saroni desa tak bisa melaksanakan Pilkades jika hanya ada satu Cakades, tetapi harus ada lawan. Ketiga Cakades dari desa ini milih istri sendiri sebagai sang lawan.

Nah, di Setia Budi setelah Jumadi tak menemukan lawan, maka ia minta pada istrinya maju menjadi Cakades. Tapi setelah semua berkas pencalonan Risnawati masuk muncul Cakades lain A. Sutristianto.

‘’Uniknya, saat Risnawati berniat mundur, Sutristianto juga mengajukan niat mundur. Akhirnya tiga Cakades ini bertarung pada hari H pemilihan, Jumadi keluar menjadi pemenang,” pungkasnya.(hue)

Baca Juga ...

Pajak Pemanfaatan Air Bawah 10 Persen

MUKOMUKO – Kabid Pendapatan 1 Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko Singgih Pramono, S.Sos, M.Si mengatakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.