Rabu , 26 September 2018
Home / MUKOMUKO / Tidak Puas Cakades Mengajukan Gugatan

Tidak Puas Cakades Mengajukan Gugatan

MALIN DEMAN – Merasa tidak puas dengan perolehan suara dalam Pilkades, calon kades (Cakades) Desa Talang Arah Kecamatan Malin Deman, Zahidin, melayangkan gugatan ke

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko Kamis kemarin (13/9).

Zahidin melakukan gugatan hasil hasil Pilkades, karena mengklaim telah kantongi sekitar 144 tandatangan warga Desa Talang Arah.

Salah satu dalam isi gugatannya Zahidin menyatakan ada indikasi bukan warga Talang Arah tapi ikut milih serta memberikan hak suara. Selain itu tidak ada kesepakatan antara panitia Pilkades dengan saksi ketika memutuskan suara sah dan tidak sah. ‘’Dengan alasan tersebut, ada sekitar 28 persen suara batal,” kata Zahidin.

Ia meminta dilakukan penghitungan ulang terhadap surat suara yang sebelumnya dinyatakan tidak sah. Jika tidak dilakukan hitung ulang, sangat banyak masyarakat sudah menyalurkan hak pilihnya, akan dirugikan.

“Karena ada beberapa kejanggalan kami mohon pihak DPMD agar surat suara yang tidak sah untuk dilakukan hitung ulang,” kata Zahidin seraya menyerahkan bukti dukungan 144 warga atas gugatan yang ia sampaikan.

Perlu diketahui, Pilkades di Talang Arah, diikuti tiga Cakades. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah ditetapkan 707 mata pilih. Cakades Zahidin berdasarkan penghitungan panitia hanya meraih 181 suara. Sedangkan Cakades incumbent Bukhari meraih 197 suara dan Cakades Nurul Huda hanya 82 suara.

Kondisi Pilkades yang sama, juga terjadi di Desa Lubuk Pinang, Kecamatan Lubuk Pinang. Tapi sampai berita ini ditulis, belum sampai ada yang layangkan surat gugatan ke DPMD Mukomuko.

Ada lima Cakades di Lubuk Pinang. Cakades nomor urut 3 Ispandi, melakukan protes hasil penghitungan Pilkades. Dia protes, karena jumlah suara tidak sah melebih dari jumlah suara sah yang diraih Cakades dengan nomor urut 5, Harafik yang memperoleh suara terbanyak.

Harafik mendulang 278 suara sedangkan suara yang tidak sah mencapai 395 suara– dari total suara sah sebanyak 1.529 dengan total DPT 2.289 hak pilih.

‘’Kita akan rapat dengan tim kabupaten akan konfirmasi ke panitia Pilkades di desa. Lalu difasilitasi antara penggugat dengan panitia Pilkades tingkat desa,’’ kata Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMD Mukomuko Eka Purwanto, S.IP, M.Si.

Ia menambahkan Cakades yang tidak terima bisa langsung melayangkan protes ke panitia Pilkades di desa. Dengan menyurati Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ditembuskan ke instansi terkait. Lalu BPD fasilitas untuk didapat jalan penyelesaiannya.

“DPMD hanya menerima hasil, otoritas soal Pilkades ada di panitia Pilkades desa. Maka surati BPD, tidak mesti ke DPMD, untuk difasilitasi BPD penyelesaiannya antara penggugat dan panitia Pilkades,” tambah Kepala DPMD Mukomuko Saroni, SH.(hue)

Baca Juga ...

Pajak Pemanfaatan Air Bawah 10 Persen

MUKOMUKO – Kabid Pendapatan 1 Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko Singgih Pramono, S.Sos, M.Si mengatakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.