Home / METROPOLIS / Harga TBS Naik Lagi, Rp 30/Kg

Harga TBS Naik Lagi, Rp 30/Kg

MUKOMUKO –Kini harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tingkat pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) kembali naik. Dengan rata-rata kenaikan sebesar Rp 30 per kilogram yakni menjadi Rp 1.180/kg dari sebelumnya Rp 1.150/kg.

Kenaikan harga pembelian TBS kelapa sawit ini, setelah tak adanya penumpukan buah sawit masyarakat di pabrik. Selain itu juga, ada kenaikan harga minyak mentah atau CPO di pasaran dunia.

‘’Secara perlahan harga pembelian buah sawit ditingkat pabrik mengalami kenaikan. Meski hanya naik Rp 30/kg. Tetapi ini berpengaruh pada perekonomian masyarakat,’’ jelas Kasi Perizinan Kemitraan dan Budidaya Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Sudiyanto, kemarin.

Ia memastikan, meskipun perlahan namun harga pembelian buah sawit di tingkat perusahaan akan terus mengalami kenaikan. Namun ia tidak mengetahui kapan harga sawit akan naik. Selain itu juga pihaknya berharap, agar tim penetapan harga sawit Pemprov Bengkulu dapat menaikkan lagi harga sawit dari sebelumnya.

‘’Tim juga memiliki pengaruh masalah harga sawit yang ada di wilayah ini. Karena itu, kami berharap agar tim kembali menaikkan harga patokan pembelian buah sawit,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya daftar harga beli TBS kelapa sawit berdasarkan tingkat perusahaan di Mukomuko masih bervariasi. Seperti di PMKS PT. Sapta Rp 1.020/kg, PT. USM Rp 1.180/kg, PT. KSM Rp 1.090/kg, PT. MIL sebesar Rp 1.090/kg, PT. SSS Rp 1.090/kg, PT. AMK Rp 1.105/kg.

Kemudian PT. SAP Rp 1.110/kg, PT. KAS Rp 1.090/kg, PT. MPRA Rp 1.070/kg, PT. DDP Rp 1.090/kg, PT. GSS sebesar Rp 1.140/kg, dan PT. BMK Rp 1.180/kg. ‘’Ini harga baru pembelian TBS kelapa sawit yang berlaku disemua pabrik di Kabupaten Mukomuko,” demikian Sudiyanto.(hue)

Baca Juga ...

Jelang Tahun Baru, Waspada Gepeng Eksodus

BENGKULU – Jelang menyambut tahun baru 2019 yang tinggal hitungan dua bulan lagi, sejumlah gelandangan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.