Home / SELUMA / 280 Umat Hindu Karye Agung Ngenteg Linggih

280 Umat Hindu Karye Agung Ngenteg Linggih

SAKRAL: Kegiatan Sakral Agama Hindu di Pura Khayangan Tunggal Mukti Tama Dusun Puspa Anom Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, kemarin (24/9)

AIR PERIUKAN – Pura Khayangan Tunggal Mukti Tama, Dusun Puspa Anom Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan, Senin (24/9) pagi terlihat ramai. Sedikitnya 90 Kepala Keluarga (KK) atau 280 umat Hindu berkumpul menggelar Sakral Karya Agung Ngenteg Linggih atau yang lebih dikenal kegiatan membersihkan Pura.

Ketua Panitia Penyelenggara, Wayan Gede Suhendra mengatakan kegiatan Karya Agung Ngenteg Linggih ini merupakan rangkaian dari kegiatan untuk memperingati berdirinya Pura Khayangan Tunggal Mukti Tama.

‘’Sudah lebih dari empat puluh tahun Pura ini belum dilakukan pembersihan. Jadi kegiatan kita hari ini (Kemarin,red) adalah puncaknya sebagai wujud bakti umat kepada sang Hyang Widi,’’ terang Wayan kepada RB di sela kegiatan.

Dijelaskan Wayan, kegiatan Karya Agung Ngenteg Linggih ini merupakan kegiatan ulang tahun Pura atau Piodalan yang digelar setiap Purnama Kapat. Purnama Kapat sendiri bermakna musim semi dimana bunga-bunga bermekaran.

‘’Dalam Agama Hindu, bunga merupakan simbol kesucian. Oleh karena itu saat bunga-bunga bermekaran menjadi hari yang spesial untuk menggelar ritual keagamaan,’’ jelasnya.

Setelah digelarnya Karya Agung Ngenteg Linggih ini kata Wayan, maka setiap tahunnya umat Hindu di Dusun Puspa Anom ini dapat memperingati hari lahirnya Pura Khayangan Tunggal Mukti Tama. ‘’Jadi kegiatan ini adalah titik awal lahirnya Pura ini. Jadi setiap tahun akan ada kegiatan untuk memperingati lahirnya Pura ini,’’ ucapnya.

Kegiatan Karya Agung Ngenteg Linggih ini akan digekar selama dua hingga hari ini. Di hari terakhir kegiatan ini, semua umat Hindu yang ada di Dusun Puspa Anom kembali berkumpul untuk melaksanakan ibadah penyucian yang di pusatkan di dalam Pura.

‘’Besok (Hari ini, red) rencananya bapak Plt. Gubernur akan hadir ikut menyaksikan kegiatan Karya Agung Ngenteg Linggih ini,’’ demikian Wayan.(aba)

Baca Juga ...

2019, Dinkes Usul 43 Pustu Direhab

SELUMA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma berencana mengusulkan rehab 43 puskesmas pembantu (pustu) di Seluma ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.