Home / MUKOMUKO / Hari Ini, KPU dan Pelapor Diperiksa

Hari Ini, KPU dan Pelapor Diperiksa

RAPAT: Bawaslu Mukomuko menggelar rapat menindaklanjuti laporan salah satu Parpol, kemarin (9/10).

MUKOMUKO – Laporan dari pengurus salah satu partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, akhirnya ditindaklanjuti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mukomuko. Kepastian ini setelah diputuskan dalam rapat Bawaslu Mukomuko, kemarin (9/10). Diagendakan, hari ini (10/10) Bawaslu akan memeriksa masing-masing pihak. Baik itu pelapor maupun terlapor dalam hal ini KPU Mukomuko.

“Sudah diputuskan dalam sidang yang tadi, kita tindaklanjuti laporan dari salah satu parpol peserta Pemilu yang melapor di September,” kata Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi didampingi anggota, Amrozi dan Deny Setiabudi.

KPU Mukomuko dilaporkan terkait dugaan pelanggaran administratif pemilu. Dimana Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinyatakan terlambat menyampaikan perbaikan laporan rekening dana kampanye awal. Dengan keterlambatan sekitar lima menit setelah berakhirnya batas waktu penyerahan perbaikan. “Menurut pelapor, ia sudah menyampaikan keterlambatan itu dengan beberapa alasan. Kami menilai laporan itu memenuhi persyaratan. Tentunya tetap akan diteliti lebih lanjut, melalui persidangan besok (hari ini),” lanjut Padlul.

Sementara Anggota Komisioner KPU Mukomuko, Misbahul Amri mengatakan berita acara yang diterbitkan sudah sesuai aturan. Khususnya tentang dana kampanye. Dalam aturan itu diantaranya ada tiga poin. Pertama, parpol yang menyampaikan dana awal kampanye. Kedua, parpol yang terlambat menyampaikan laporan dana kampanye dan  ketiga parpol yang tidak menyampaikan laporan dana kampanye. “KPU mengeluarkan berita acara PSI terlambat menyampaikan laporan dana kampanye sesuai waktu yang telah ditetapkan. Ini berpedoman dengan peraturan,” jelas Amri.

Waktu itu lanjut Amri PSI baru menyerahkan laporan pukul 18.05 WIB di 23 September 2018. Sedangkan berdasarkan aturan paling lambat pada tanggal tersebut pada Pukul 18.00 WIB. “Kami sudah menjalankan tupoksi berpedoman dengan aturan. Terkait laporan ke Bawaslu, kita siap mengikuti dan itu sudah jadi ranahnya Bawaslu,” tutup Amri.(hue)

Baca Juga ...

Pemkab Rancang ADD Rp 169 M

MUKOMUKO – Kini Pemkab Mukomuko sedang bahas Rancangan RAPBD Tahun 2019. Dalam rancangan itu, Pemkab ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.