Home / BENGKULU SELATAN / Bawaslu Tolak Gugatan PDIP

Bawaslu Tolak Gugatan PDIP

YUNIKE/RB
SIDANG PUTUSAN: Gugatan DPC PDIP ditolak Bawaslu pada sidang putusan sengketa DCT Kabupaten BS di Kantor Bawaslu, Rabu (10/10).

PASAR MANNA – Bawaslu Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menolak gugatan DPC PDIP Kabupaten BS. Dengan kata lain, harapan PDIP agar salah satu kadernya kembali dimasukan dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) pemilu legislatif DPRD BS, kandas sudah. Penolakan ini disampaikan dalam sidang ajudikasi sengketa DCT di Bawaslu BS, Rabu (10/10).

Ketua Bawaslu Kabupaten BS, Azes Digusti, S.Kom, mengatakan sebagaimana putusan Bawaslu BS Nomor 001/PS.Reg/07.02/IX/2018 disebutkan bahwa langkah KPU BS mencoret nama salah satu caleg PDIP dari DCT sudah benar. KPU sudah jalankan tahapan dengan benar, dan menilai caleg yang dicoret tersebut tidak serius dan tidak jujur terhadap status dirinya. “Tahapan KPU sudah betul, dan yang bersangkutan tidak jujur terhadap status dirinya,” kata Azes.

Dalam sidang ajudikasi sengketa DCT dengan agenda pembacaan putusan, Azes dengan didampingi anggotanya  Nur M Tomi, S.Pd, Erina  Oktariani, S.Pd dihadapan pihak pemohon diwakili Nizarman Afandi dan Widia Pangestika, serta pihak termohon dihadiri ketua KPU BS Yulian SH dan komisioner Hendry, SH, menyatakan berdasarkan bukti-bukti disampaikan kedua belah pihak, Bawaslu BS memutuskan menolak permohonan pemohon (DPC PDIP) untuk seluruhnya.

Terpisah Ketua DPC PDIP Kabupaten BS, Barli Halim sangat menyesalkan keputusan Bawaslu Kabupaten BS yang menolak seluruh permohonan DPC PDIP agar caleg yang dicoret KPU BS kembali dimasukan dalam daftar DCT. Menurutnya, KPU BS juga harus bertanggungjawab atas kelalaiannya pada saat penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS).

“Kita masih mempelajari peluang untuk naik banding. Putusan Bawaslu sangat kita sayangkan, harusnya KPU juga bertanggungjawab karena kalau caleg sudah masuk DCS artinya caleg itu sudah memenuhi syarat,” tandas Barli.(key)

Baca Juga ...

Jembatan Rusak Ancam Warga

KOTA MANNA – Kondisi jembatan gantung di Desa Gelumbang Kecamatan Kota Manna memprihatinkan. Lantai jembatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.