Home / CURUP / Kabupaten RL Terima Bantuan Sapras

Kabupaten RL Terima Bantuan Sapras

Wanda/rb
BANTUAN: Bupati RL Dr. Ahmad Hijazi, SH, M.Si bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Provinsi Bengkulu saat penyerahan bantuan kepada kelompok tani di Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL.

CURUP – Mewakili Plt. Gubernur Bengkulu, kemarin Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricki Gunawan menyerahkan sejumlah bantuan untuk Kabupaten Rejang Lebong (RL). Penyerahan bantuan disaksikan langsung Bupati RL Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si, Kajari RL Edi Utama, SH, MH, Kapolres RL AKBP Ordiva, S.IK, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan RL Taman, SP, M.Si serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hijazi menyampaikan, bantuan yang diberikan tersebut diharapkan bisa mendukung sektor pertanian di Kabupaten RL.  Sehingga kelompok tani dan anggotanya bisa semakin termotivasi untuk meningkatkan hasil dan mutu pertanian. ‘’Dahulu Belanda menjajah kita karena mengejar rempah dan hasil pertanian yang ada. Dan sekarang di zaman kemerdekaan waktunya kita bertekad mengembalikan kejayaan sektor pertanian tersebut,’’ kata Bupati Hijazi.

Dilanjutkan Bupati Hijazi, bantuan yang didapatkan diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena ini merupakan upaya pemerintah untuk memperhatikan petani dan membangun pertanian, khususnya di wilayah Kabupaten RL. Serta untuk mempertahankan RL sebagai salah satu kabupaten penyangga pertanian di Provinsi Bengkulu. ‘’Masih banyak potensi lain yang perlu ditingkatkan di Kabupaten Rejang Lebong. Seperti kopi dan sektor lainnya dan ini dapat semakin bernilai tinggi dan mendatangkan keuntungan bagi petani jika pemerintah terus memotivasi,’’ ungkap Bupati Hijazi.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricki Gunawan menyebutkan, pemberian bantuan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan swasembada pangan. Sehingga perlu sarana dan prasarana yang memadai. Bantuan juga dimaksudkan untuk membantu petani dalam mempercepat budidaya tanaman pangan.

‘’Karena target kita secara nasional agar Indonesia bisa swasembada pangan dan target tersebut diharapkan dapat dicapai dengan bantuan peralatan pertanian. Saat ini akan diberikan 110 unit mesin pertanian yang bersumber dari APBN APBD Provinsi Bengkulu dan APBD Kabupaten Rejang Lebong,’’ ucap Ricki.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si menyampaikan, adapun bantuan yang diserahkan untuk sapras meliputi Handtracktor roda dua sebanyak 61 unit, Handtracktor roda 4 sebanyak 3 unit dan pompa air sebanyak 22 unit. Kemudian Handsplayer 74 unit, Excavator mini 1 unit, Power threser 5 unit, Rice transplater 5 unit dan alat tanam jagung 10 unit.

Kemudian, sambung Taman, untuk bidang perikanan berupa bantuan Benih Ikan Nila sebanyak 35.000 ekor, Benih ikan mas 35.000 ekor, Pengadaan benih 60.000 ekor, Pengadaan pakan 2.100 kg dan bantuan mesin pakan 1 unit. Sedangkan untuk bidang peternakan meliput bantuan sapi perah 50 ekor, sapi bali 56 ekor, bantuan kambing 336 ekor, bantuan peralatan koperasi 1 unit, bantuan ayam dan itik masing-masing 1.500 ekor.

‘’Ditambah bantuan bidang tanaman pangan dan holtikultura berupa Cultivator 10 unit, bibit cabe dan saprodi untuk 40 hektare lahan, bawang merah dan saprodi 20 hektare, bawang putih dan saprodi 10 hektare. Serta benih padi gogo 63.325 kg, benih jagung 15.000 kg, bibit jeruk 5.000 batang dan bibit bunga 1 paket,’’ pungkas Taman.(**)

Baca Juga ...

Serapan Anggaran Masih Rendah

CURUP – Hingga memasuki triwulan terakhir tahun anggaran (TA) 2018, serapan anggaran di Dinas Pekerjaan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.