Home / METROPOLIS / Prediksi BMKG, Bakal Hujan Deras

Prediksi BMKG, Bakal Hujan Deras

BENGKULU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati memprediksi Hujan sedang hingga deras bakal melanda Wilayah Provinsi Bengkulu. Hujan yang turun deras itu diprediksi akan terjadi sampai Jumat (12/10). Hujan diperkirakan akan lebih menyapu sebagian wilayah Utara Bengkulu dan sebagian Manna di Kabupaten Bengkulu Selatan mulai sore sampai malam hari.

Pengamat Cuaca BMKG Fatmawati, Winda Kusuma Ayu mengatakan sifat hujan hanya terjadi secara lokal alias hujan diprediksi tidak berlangsung lama. “Hujan sebentar saja tetapi curah hujan bisa lebat,” jelasnya kepada RB. Provinsi Bengkulu sambung dia, tidak termasuk dalam wilayah Zona Musim (ZOM) yang berarti daerah yang secara khusus berada dalam dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau.

Ini disebabkan rata-rata dalam setiap bulan, hujan kerap terjadi di Provinsi Bengkulu. “Musim hujan maupun musim kemarau terkadang tidak terlalu berlaku di Bengkulu,” jelasnya. Sementara itu, pada dua hari lalu wilayah Bengkulu, termasuk di sebagian wilayah Sumatera bagian Barat ada gangguan Eddy. Yakni gangguan pola angin sehingga menimbulkan penguapan udara berujung kepada naiknya suhu panas saat malam hari.

“Tetapi gangguan semakin melemah dan akan hilang jadi terlalu perlu dipersoalkan,” pungkasnya. Khusus tinggi gelombang laut diperaian Bengkulu dan Pulau Enggano diprediksi akan berada pada ketinggian 2-3 meter, dan tidak disertai adanya hujan di tengah laut. Tinggi antara 2-3 meter ini kata Winda masuk dalam kriteria aman untuk  dunia pelayaran.

“Sementara kecepatan angin diprediksi akan normal saja, di kecapatan 15-20  knot per jam,” jelasnya (iks)

Baca Juga ...

Jelang Tahun Baru, Waspada Gepeng Eksodus

BENGKULU – Jelang menyambut tahun baru 2019 yang tinggal hitungan dua bulan lagi, sejumlah gelandangan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.