Home / CURUP / Upaya Ketahanan Pangan

Upaya Ketahanan Pangan

CURUP – Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan saat berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong (RL) sempat memberikan pesan. Pesan ini terkait Kabupaten RL yang menjadi salah satu wilayan penyanggah pertanian di Provinsi Bengkulu. Diharapkan Pemkab RL bisa semakin memperkuat ketahanan pangan serta pertanian, perikanan dan peternakan.

Salah satunya, terang Ricki dengan menerapkan perda dan irigasi yang berkesinambungan. Hal ini dikarenakan permasalahan yang dihadapi hampir diseluruh daerah, adalah soal luas baku lahan pertanian yang mengalami penurunan. Penyebabnya tidak lain untuk alih fungsi properti serta lainnya. ‘’Kita berharap Pemda Rejang Lebong, termasuk pemda lainnya bisa menerapkan Perda dan irigasi berkesinambungan untuk mengantisipasi ini. Karena untuk cetak sawah baru, jelas biayanya mahal,’’ terang Ricki.

Selain itu, sambung Ricki, diharapkan petani bisa mengoptimalkan segala bantuan yang sudah diberikan pemerintah. Baik itu melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN. ‘’Serta diharapkan ada kerjasama yang kondusif antara petani dan pemerintah. Agar program nasional dan daerah dapat berjalan dengan baik,’’ ucap Ricki.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si menanggapi hal tersebut mengatakan, mereka sudah menyusun berbagai program yang berkelanjutan. ‘’Ya, kedepan kita akan terus berupaya menjalankan program yang terintegrasi dengan sektor lainnya serta berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,’’ singkat Taman.(**)

Baca Juga ...

Serapan Anggaran Masih Rendah

CURUP – Hingga memasuki triwulan terakhir tahun anggaran (TA) 2018, serapan anggaran di Dinas Pekerjaan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.