Home / MUKOMUKO / Wings Air Terbangi Bengkulu-Mukomuko

Wings Air Terbangi Bengkulu-Mukomuko

DISKUSI: Kepala Bandara Mukomuko berbincang bersama Regional Manager Lion Air.

MUKOMUKO – Terhitung 25 Oktober 2018, langit Mukomuko bakal diterbangi transportasi udara. Kali ini pesawat yang melayani tranportasi udara Mukomuko-Kota Bengkulu itu perusahaan penerbangan Lion Air.

Layanan ini sudah bisa dipesan sejak sekarang, karena sudah tertera menu pemesanan tiket dalam website Lion Air dan juga bisa dipesan melalui aplikasi mobile.

Sekedar diketahui untuk harga tiket perdana ini, dari pantauan pada https://mobile.lionair.co.id pukul 11.00 WIB Rabu kemarin (10/10), kisaran antara Rp 388 ribu rute dari dan ke Mukomuko-Bengkulu. Dan sekitar Rp 398 ribu dari dan ke Bengkulu-Mukomuko.

Harga ini terbilang cukup murah. Ini karena perjalanan dari dan ke Bengkulu-Mukomuko lewat jalur darat butuh waktu sekitar tujuh jam. Tetapi dengan pesawat udara, jarak tempuh hanya menjadi sekitar 40 menit.

Waktu ini lebih cepat kalau dibanding saat menggunakan penerbangan Susi Air. Pasalnya, pesawat yang digunakan adalah Wings Air berukuran lebih besar. Yakni pesawat jenis ATR 600 dengan jumlah kursi 72 seat.

‘’Kita resmi buka rute Bengkulu-Mukomuko hari pertama penerbangan 25 Oktober dan sebaliknya. Untuk tiketnya, sudah bisa dicek langsung,” kata Regional Manager Lion Air, Achmad Hasyrul, ketika kunjungi Bandara Mukomuko, kemarin (10/10).

Dijelaskannya rute penerbangan yang dibuka Wings Air tersebut akan dibuka setiap hari. Artinya, hari apapun bagi yang ingin ke Mukomuko dari Bengkulu ataupun dari Mukomuko ke Bengkulu naikn pesawat terbang, PT Wings Air siap melayani dengan satu pesawat setiap hari.

‘’Jadwal sementara, keberangkatan dari Bengkulu pukul 07.40 WIB. Jadwal kedatangan di Mukomuko sekitar pukul 08.20 WIB. Kemudian jadwal keberangkatan dari Mukomuko sekitar pukul 08.40 WIB, dan tiba di Bengkulu sekitar pukul 09.20 WIB. Sementra ini, jadwal tersebut berlaku setiap hari,” jelas Hasyrul.

Lebih lanjut dikatakan kedatangannya ke Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Mukomuko ini,  dalam rangka survei lanjutan pembukaan rute dari dan ke Bengkulu-Mukomuko. Pihaknya mendapati bahwa secara teknis tak ada kendala dengan Bandara Mukomuko.

Artinya Bandara yang ada serta landasan pacunya sudah cukup memadai. Hanya saja, ia berharap supaya terminal keberangkatan dan kedatangan untuk di Bandara Mukomuko diperluas.

‘’Kita rekomendasikan supaya terminal dapat diperluas. Ini guna kenyamanan penumpang. Kalau secara teknis tak ada kendala. Bandara Mukomuko sudah memenuhi kriteria untuk didarati pesawat jenis ATR 600,” jelas Hasyrul.

Kepala UPBU Mukomuko Irpansyah Putra Rahman, SE kepada RB mengatakan sangat menyambut baik apa yang dilakukan Wings Air. Ia berharap, ini mendapat sambutan positif masyarakat Mukomuko. Karena perjuangan Pemkab Mukomuko agar ada penerbangan komersil melayani rute Mukomuko sudah terwujud.

‘’Pesawat yang layani Mukomuko–Bengkulu, juga melayani penerbangan Bengkulu–Palembang. Jadi tidak ada kendala kalau dari Mukomuko yang ingin ke Palembang. Sedangkan rute Mukomuko–Padang terus diupayakan. Pasalnya selama ini rute Mukomuko–Padang cukup potensial,” ujar Irpan.

Untuk keamanan penerbangan, pihaknya telah bekerjasama dengan Pemkab Mukomuko. Bakal diberlakukan sistem buka tutup jalan lintas barat (Jalinbar) yang persis berada di tengah areal Bandara Mukomuko.

Ini untuk mastikan saat pesawat mendarat maupun lepas landas tidak adanya gangguang khususnya dari sekitaran kawasan Bandara.(hue)

Baca Juga ...

Pemkab Rancang ADD Rp 169 M

MUKOMUKO – Kini Pemkab Mukomuko sedang bahas Rancangan RAPBD Tahun 2019. Dalam rancangan itu, Pemkab ...

Komentar
harianrakyatbengkulu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

  1. Bagaimana kalau transit dari jakarta,.. tidak terkejar waktu, kalau pemberangkatan Bengkulu ke Mukomuko 07.40

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.