Home / BENGKULU TENGAH / Pencairan DD Tahap III Tunggu Realisasi 75 Persen

Pencairan DD Tahap III Tunggu Realisasi 75 Persen

BENTENG – Pencairan Dana Desa (DD) tahap III sebesar 40 persen saat ini belum dilaksanakan. Karena syarat untuk itu, setiap desa harus melaporkan hasil kegiatan atau realisasi minimal 75 persen dari anggaran. Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Ade Cristian S.STP saat dikonfirmasi dari 142 Desa yang ada belum satupun yang mengajukan realisasi anggaran DD tahap III.

“Output kegiatan minimal 75 persen,” terang Ade. Dijelaskannya, laporan tersebut sebelum diajukan ke BKD, juga akan diverifikasi mulai dari Kecamatan hingga Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD). Jika telah mendapatkan persetujuan maka bisa diajukan untuk dilakukan proses pencairan.

Untuk desa yang bermasalah, tentunya akan mengalami kendala dalam proses pencairan. Untuk itu, Ade mengingatkan untuk Desa yang akan mengalami kendala diminta untuk memperbaiki lebih awal supaya tidak mendapatkan hambatan ketika mengajukan proses pencairan DD tahap III.

Anggaran DD wajib digunakan sesuai dengan rancangan di APBDes. Misalnya untuk kegiatan fisik hingga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat pedesaan, wajib dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dimusyawarahkan ditingkat desa natara perangkat desa serta masyarakat dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) sebelumnya.

“Realisasi sesuai standar, pasti akan dicairkan,” demikian Ade.(vla)

Baca Juga ...

Hanya Setengah Veteran Hadir

BENTENG – Peringatan Hari Pahlawan kemarin (12/11) hanya dihadiri 12 veteran pejuang Benteng yang terdata ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.