Home / BERITA UTAMA / 3.163 Peserta Seleksi CPNS, Hanya 52 Lulus Passing Grade

3.163 Peserta Seleksi CPNS, Hanya 52 Lulus Passing Grade

UJIAN: Peserta tes CPNS tengah bersiap melaksanakan CAT SKD, Kamis (8/11). (foto ; peri/rb)

MUKOMUKO– Hingga Kamis (8/11), sudah 3.163 orang yang mengikuti computer assisted test (CAT) seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan CPNS Kabupaten Mukomuko. Dari jumlah itu, hanya 52 peserta yang lulus passing grade. Diduga karena sedikitnya yang berhasil, sejumlah peserta CPNS yang sudah diumumkan menjadi peserta CAT SKD, memilih tidak datang ke lokasi dilaksanakan CAT. Tercatat oleh panitia kabupaten, ada 137 peserta yang tidak hadir mengikuti CAT SKD.

“Sampai saat ini, jumlah peserta yang hadir 3.163 orang, yang tidak hadir 137 orang. Kemudian yang lulus passing grade 52 orang dan yang tidak lulus sebanyak 3.111 orang,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko Jawoto, S.Pd, SE, M.Pd, kemarin.

Rincian yang lulus passing grade tersebut, untuk kemarin (8/11), ada 14 peserta dari 836 peserta yang mengikuti tes. Sebaran peserta yang lulus ini, terdiri SMAN 1 Mukomuko sebanyak 7 peserta, di SMPN 3 Mukomuko ada 6 orang dan di SMPN 1 Mukomuko hanya 1 orang.

Lalu di hari sebelumnya, Rabu (7/11), total 13 orang yang lulus passing grade. Yakni di SMPN 1 Mukomuko 3 orang, SMPN 3 Mukomuko juga 3 orang dan di SMAN 1 Mukomuko 7 orang. Pada Selasa (6/11) total 11 peserta yang lulus. Terdiri di SMPN 3 Mukomuko ada 3 peserta dan di SMAN 1 Mukomuko hanya 8 peserta. Sedangkan di SMPN 1 Mukomuko, nihil yang lulus.

“Untuk hari pertama Senin (5/11), cuma 14 peserta yang lulus passing grade. Di SMAN 1 Mukomuko sebanyak 7 peserta, di SMPN 1 Mukomuko 4 peserta dan di SMPN 3 Mukomuko 3 peserta,” paparnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan CAT SKD khusus hari ini (9/11), ada perubahan waktu untuk sesi ketiga dan keempat. Dari awalnya sesi ketiga dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Khusus hari ini berubah, dimulai pukul 13.30 WIB, berakhir pukul 15.30 WIB. Sedangkan untuk sesi keempat, baru dimulai pukul 15.45 WIB, dari jadwal semula pukul 15.00 WIB. Berakhir di pukul 17.45 WIB dari jadwal semula berakhir pukul 17.00 WIB.

“Perubahan waktu khusus untuk sesi ketiga dan keempat, khusus dihari Jumat saja. Ini sesuai dengan laman resmi CATUNBK, yang menyampaikan soal perubahan jadwal ujian khusus pada hari Jumat, 9 November 2018. Sedangkan untuk waktu pelaksanaan sesi pertama dan sesi kedua, masih tetap sesuai jadwal pelaksanaan,” tutup Jawoto.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, SE, MT mengatakan passing grade (nilai ambang batas) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tes CPNS yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sudah baik. Sebab dengan passing grade yang dinilai peserta amat tinggi itu, peserta yang lulus seleksi kemampuan dasar (SKD) memang benar-benar orang hebat dan pintar.

Sehingga nantinya, CPNS yang didapatkan oleh pemda memang benar-benar orang yang berkualitas. Sebab menurutnya, sudah saatnya pemda dibentengi dan diisi oleh orang-orang berkualitas sumber daya manusianya. “Bukan hanya menurunkan passing grade. Oke passing grade kita turunkan, yang diterima banyak. Tapi kualitasnya menurun,” kata Sekda.

Memang kualitas SDM di masing-masing daerah tidak sama. Secara pribadi, dia setuju orang pintar semuanya yang lulus tes CPNS. Saat ini harus disudahi berpikir tentang jumlah atau kuantitas. Harus mulai berfikir tentang kualitas sumber daya manusia yang lulus menjadi CPNS.

“Kalau makan, bukan banyaknya, tapi kualitas makannya. Sumber daya manusia juga bukan kualitasnya. 1 orang yang berkualitas bisa mengalahkan 100 orang yang tidak berkualitas. Tapi nanti kita lihat lah kebijakan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan RB,” tutupnya. (hue/del)

Baca Juga ...

Dicari Pelamar Nilai Tertinggi

JAKARTA – Pemerintah sudah menyiapkan skenario mengatasi minimnya pelamar CPNS yang lolos nilai ambang batas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.