Home / MUKOMUKO / Kejari Usul Sidang Tiga Kali Seminggu

Kejari Usul Sidang Tiga Kali Seminggu

.MUKOMUKO – Sebanyak 2 berkas perkara sudah dilimpahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko, ke Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko. Dua berkas tersebut yakni berkas perkara tindak pidana umum (Pidum). Hal ini dijelaskan Kajari Mukomuko Agus Irawan Yustisianto, SH, MH.

PERI/RB
PN: Kantor PN Mukomuko jadi tempat warga berkonsultasi dan tempat mencari keadilan.

‘’Sudah ada 2 perkara sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Mukomuko. Selanjutnya menunggu jadwal sidang,’’ kata Kajari.

Dikatakan, Mukomuko membutuhkan rumah tahanan (Rutan). Paling tidak Rutan Pembantu. Karena, sekarang tahanan kejaksaan masih dititip pada Lapas Argamakmur Bengkulu Utara (BU).

Dengan kondisi itu selain biaya yang harus dikeluarkan tinggi. Juga akan potensi kerawanan jadi lebih tinggi. Apalagi saat jumlah tahanan yang dibawa itu lebih dari lima orang.

Sementara ini pihaknya berupaya menyiasati saat sidang alam mulai digelar sehari sebelumnya, tahanan dijemput di Lapas Argamakmur, lalu dibawa ke Mukomuko. Kemudian dititip ke sel Polres Mukomuko.

Jadi pihaknya berharap sidang untuk setiap perkara itu hendaknya bisa dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam sepekan. Jadi nanti, tahanan itu tidak lama dititipkan di Polres Mukomuko.

‘’Kemauan kami sekali bawa dan dititip ke Polres. Lalu dibawa kembali ke Lapas Argamakmur atau Bengkulu. Itu kalau perkaranya sudah putusan. Tetapi Mukomuko tetap perlu Rutan,” tegas Kajari.

Pihaknya secepatnya mendorong rapat bersama Polres dan Pemkab Mukomuko untuk membahas persoalan tersebut, dan menemukan solusinya. Karena, dengan kondisi pengadilan di Mukomuko, dan tahanannya di luar Mukomuko beban dan resiko menjadi lebih tinggi dibanding sebelumnya.(hue)

Baca Juga ...

Penghargaan 1 Gram Emas Untuk Veteran

MUKOMUKO – Sebanyak 10 orang veteran dan janda veteran terima penghargaan berupa 1 gram emas, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.